Isi Artikel Utama

Abstrak

Sistem antrian merupakan faktor yang penting dalam dunia bisniskarena merupakan salah satu ukuran efisien atau tidaknya kinerja layanan bisnis. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis jenis sistem antrian jalur banyak dan server banyak (multiplechannels ”“ multiplefhase) dimana terdapat tiga fase pelayanan dan setiapa fase pelayanan memilki jumlah operator yang berbeda beda, fase pertama fase pendaftaran memiliki dua operator, fase kedua atau fase perawatan terdapat sembilan operator yang melayani dan yang ketiga fase final cek terdapat dua operator yang melayani. Penelitian dilakukan untuk menghasilkan informasi berapa banyak waktu tunggu konsumen, waktu konsumen pada sistem dan waktu menunggu operator pada sistem. Dikarenakan waktu kedatangan yang tidak dapat diprediksikan, oleh karena itu dipakailah pendekatan metode monte carlo yang didalamnya terdapat bilangan random yang dipakai untuk merandom waktu kedatangan. Hasil simulasi menyatakan bahwa model yang terbentuk ditransformasikan kedalam bentuk algoritmaMacrologic, kemudian algoritmaMacrologictersebutditerapkanpadasimulasi program manual ( pada Microsoft excel)selanjutnyaantaraalgoritmadan program manual di validasikebenaranalirandatanyasertamenghasilkaninformasi yang dibutuhkan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. Munawar, R. Cahyana, dan L. Nurwandi, “MODEL SIMULASI PERAWATAN SEPEDA MOTOR”, Jurnal Algoritma, vol. 9, no. 2, hlm. 416–425, Apr 2014.