Isi Artikel Utama

Abstrak

Pada saat ini media informasi yang disebarkan untuk memperkenalkan penginapan griya santolo garut selatan hanya sebatas dari brosur yang disebarkan ke berbagai tempat sehingga infromasi yang disebarkan terbatas karena wisatawan yang mengetahui hanya wisatawan yang memperoleh brosur saja. Tujuan dalam penelitian ini adalah membuat media informasi penginapan Griya Santolo Garut Selatan berbasis android dengan menrapkan teknologi Augmented Reality. Metodologi yang digunakan dalam membuat media informasi penginapan Griya Santolo menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 (enam) tahapan, diantaranya tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing dan tahapan distribution, akan tetapi tahapan yang dilakukan berdasarkan metodologi MDLC dalam penelitian ini dibatasi sampai tahapan testing. Sedangkan yang menjadi pemodelan dalam penelitian ini berupa tipe – tipe penginapan Griya Santolo. Manfaat yang dihasilkan dari penelitian ini adalah media informasi yang dibuat dapat dijadikan sebagai salah satu inovasi untuk mengenalkan penginapan Griya Santolo serta bermanfaat bagi pengelola penginapan untuk perkembangan inovasi guna mengenalkan penginapan menjadi lebih luas lagi. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media infromasi penginapan Griya Santolo berbasis android dengan teknologi Augmented Reality yang memvisualisaikan tipe penginapan Conifera, tipe penginapan Azalea dan tipe penginapan Magnolia dalam bentuk 3 (tiga) dimensi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. E. G. Rahayu dan S. . Lesmana, “Perancangan Media Informasi Penginapan Griya Santolo Garut Selatan dengan Teknologi Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 508–514, Feb 2021.

References

  1. E. H. D. Putri, Pengantar Akomodasi Dan Restoran. Sleman: CV. Budi Utama, 2020.
  2. B. Satria and P. Prihandoko, “Implementasi Metode Marker Based Tracking pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality,†Sebatik, vol. 19, no. 1, pp. 1–5, 2018.
  3. A. Kuswara, A. D. Supriatna, and E. Gunadhi, “Sistem Informasi Wisata Pantai Berbasis Web Di Kabupaten Garut,†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 201–207, 2019.
  4. G. H. Basith and D. Kurniadi, “Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Pariwisata Garut Berbasis Geografic Information System dan Android,†J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 26–31, 2017.
  5. L. Fitriani and T. Faturochman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Industri Berbasis Web,†J. Algoritm., vol. 15, no. 2, pp. 106–112, 2018.
  6. M. N. Hakim and R. Cahyana, “Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Memudahkan Pencarian Informasi Fasilitas Sosial dan Lokasinya,†J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 602–608, 2015.
  7. E. Wildayanti, D. Tresnawati, and R. Setiawan, “Rancang Bangun Profil Wisata Dengan Sistem Informasi Geografis Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Garut,†J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 463–469, 2017.
  8. I. Binanto, Multimedia Digital. Yogyakarta: PT. Andi, 2010.
  9. D. Tresnawati, E. Satria, and Y. Adinugraha, “Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., vol. 13, no. 1, 2016.
  10. A. Maulana and S. Rahayu, “Rancang Bangun Aplikasi Panduan Cara Membuat Identitas Diri Untuk Penyandang Autis,†J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2020.