Isi Artikel Utama

Abstrak

Barbershop khusus pria saat ini sedang menjadi trend dan sudah mulai banyak ditemukan di berbagai daerah. Barbershop Shavr mengedepankan layanan jasa yang berkualitas dan pendekatan kepada konsumen, namun prosedur booking dan pembayaran maupun laporannya masih dilakukan secara manual. Untuk itu perlu dibuat sistem yang membantu pengolahan data pembayaran atau transaksi pada Barbershop Shavr, meliputi data konsumen, jenis potong rambut, nomor antrean juga booking antrean. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Waterfall dengan tahapan, yaitu Analisis, Desain, Pengodean, serta Pengujian. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa aplikasi yang diharapkan dapat membantu memudahkan pelayan pada Barbershop Shavr meliputi booking antrean dan transaksi sehingga konsumen dapat terlayani dengan baik.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ridwan Setiawan, Institut TEKNOLOGI GARUT

Sekretaris Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Garut
Cara Mengutip
[1]
R. Setiawan, D. . Kurniadi, dan M. . Saleh, “Rancang Bangun Aplikasi Booking dan Transaksi Barbershop Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 17, no. 2, hlm. 452–459, Feb 2021.

References

  1. S. Alam, “Penentuan Strategi Bisnis Melalui Analisis Swot Pada Jaxs Barbershop Di Kota Makassar,†vol. 2, no. 3, 2018.
  2. R. Drestanta and A. Kusumawardhani, “Analisis Quality Function Deployment Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Dan Daya Saing ( Studi Pada Urbancut Barbershop Semarang ),†vol. 6, pp. 1–9, 2017.
  3. P. Leiwakabessy and F. F. Lahallo, “Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sebagai Solusi Dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha Pada Umkm Kabupaten Sorong,†J-DEPACE (Journal Dedication to Papua Community), vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2018.
  4. M. R. Diyar, E. S. Astuti, and K. Kertahadi, “Implementasi Sistem Informasi Pelayanan Jasa (Studi Kasus Pada Seventy Razors Barbershop Cabang Malang),†J. Adm. Bisnis, vol. 47, no. 2, pp. 130–136, 2017.
  5. R. C. Putra, B. Praptono, and R. Ma’ali El Hadi, “Usulan Peningkatan Perbaikan Kualitas Pelayanan Seriouscut Barbershop Menggunakan Metode Qfd (quality Function Deployment),†eProceedings Eng., vol. 3, no. 2, 2016.
  6. Y. Y. Welim and N. R. A. Afifi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Jasa Barbershop,†Bit, vol. 14, no. 2, pp. 1–8, 2017.
  7. S. Rahayu, “Perancangan Aplikasi Barbershop Online,†J. Algoritm., vol. 15, no. 1, pp. 29–36, 2018.
  8. J. Ramadhan and D. Susianto, “Sistem Informasi Jasa Pangkas Rambut Bebasis Web Pada Barbershop Bj Di Bandar Lampung,†J. ONESISMIK, vol. 1, no. 1, pp. 44–54, 2019.
  9. E. K. O. Prastiyo, F. Teknik, U. Nusantara, P. Guru, R. Indonesia, and U. N. P. Kediri, “Imc Barbershop Menggunakan Model Prototype,†pp. 1–11, 2016.
  10. H. Faqih, A. S. Islam, Z. Rifai, and A. A. A.S.W, “Desain Aplikasi Manajemen Kunjungan Pelanggan Barbershop Squad Corporation (AK-SQUAD),†Indones. J. Softw. Eng., vol. 5, no. 2, pp. 22–33, 2019.
  11. N. Nuryazid and A. Mulwinda, “Pengembangan Aplikasi Kamus Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) dengan Mengintegrasikan Cloud Video Berbasis Android,†Edu Komputika J., vol. 4, no. 1, pp. 34–34, 2017.
  12. H. Larasati et al., “Dengan Metode Waterfall,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, pp. 193–198, 2017.
  13. R. S. Pressman, Software engineePressman, R. S. (n.d.). Software engineering (2nd ed.). New York: McGraw-Hill Book Company.ring, 7th ed. New York: Higher Education, 2010.
  14. Y. A. Hidayat, “Rancangan Sistem Informasi Website Pembayaran Zakat Online dalam Menghadapi Situasi Wabah Covid-19,†2020.
  15. R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, 2013.
  16. Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),†Memahami Pengguna. UML (Unified Model. Lang., vol. 6, no. 1, pp. 1–15, 2011.