Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan game di Indonesia cukup pesat hingga menjadikan game sebagai bagian dari kehidupan yang sulit terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern sebagai sarana penyampaian informasi yang lebih interaktif, ataupun juga sebagai sarana alternatif hiburan bagi kalangan muda hingga dewasa. Role Playing Game merupakan game berbasis strategi yang cukup populer, di dalamnya terkandung nilai seni peran dan cerita yang dapat membuat pemain merasakan menjadi seperti seorang tokoh dalam suatu cerita, dan juga membuat pemain mengenal tokoh pada cerita tersebut. Indonesia memiliki kekayaan yang sangat berlimpah akan wisata, budaya, bahasa, dan legenda serta cerita rakyatnya. Akan tetapi seiring kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, banyak dari masyarakat Indonesia tidak mengetahui hal tersebut karena lebih tertarik oleh media hiburan lain yang menarik. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk membuat game yang dapat mengenalkan tentang salah satu cerita rakyat yang berjudul Sangkuriang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Digital Based Game Learning-Instructional Design, pengujian aplikasi ini hanya menggunakan metode Alpha Testing. Penelitian ini menghasilkan aplikasi game cerita rakyat Sangkuriang yang dikemas ke dalam bentuk aplikasi Android. Dengan adanya game ini di harapkan dapat menjadi referensi dalam membantu masyarakat umum khususnya generasi muda untuk mengenal cerita rakyat Sangkuriang.

Kata Kunci

Digital Based Game Learning-Instructional Design Game Role Playing Game Sangkuriang

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Tresnawati dan I. Setyawan, “Rancang Bangun Game Bergenre Role Playing Game Cerita Rakyat Sangkuriang”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 231-236, Nov 2021.

Referensi

[1] D. Tresnawati and I. Maulana, “Perancangan Dan Pembuatan Game Edukasi Pencegahan Nyamuk Demam Berdarah Berbasis Android,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 358–367, 2017.
[2] S. A. Pramuditya, M. S. Noto, and D. Syaefullah, “Game Edukasi Rpg Matematika,” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 6, no. 1, pp. 77–84, 2017.
[3] F. H. Saputri and D. Pratiwi, “Pembuatan Game RPG ‘Roro Jonggrang’ dengan RPG Maker MV,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN, 2016, pp. 1–9.
[4] D. P. Hermawan, “Efektivitas Penggunaan game edukasi berjenis puzzle, RPG dan Puzzle RPG sebagai sarana belajar matematika.” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2017.
[5] N. D. Safitri and R. M. T. Adi, “Pengembangan Game Edukasi Role Play Cerita Rakyat Indonesia Timun Emas Berbasis Android,” J. STT STIKMA Int., vol. 8, no. 1, pp. 15–22, 2018.
[6] M. Al-Hafi, “Game Endles Runing Si Kancil Menggunakan Finite State Machine,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 577–582, 2017.
[7] D. P. Y. Ardiana and I. D. G. A. Pandawana, “Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 208, 2017, doi: 10.24843/lkjiti.2017.v08.i03.p07.
[8] E. P. Putra, “Pembuatan Game Bergenre Tower Defense Dengan Judul" Selendang" Untuk Melestarikan Cerita Rakyat Jaka Tarub Bagi Anak.” Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika STIKOM Surabaya, 2017.
[9] D. Tresnawati and A. P. Nugraha, “Rancang Bangun Game Edukasi Sistem Tata Surya,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 360–370, 2017.
[10] M. Erfan and T. Ratu, “Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Elektronika Dasar Melalui Digital Game-Based Learning,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 2018, pp. 332–337.
[11] S. Soeheri, “DGBL-ID (Digital Game Based Learning) Sebagai Arsitektur Perancangan Game Edukasi,” J. Eksplora Inform., vol. 6, no. 1, pp. 71–80, 2016.
[12] L. A. Prasetyo, “Pengembangan Game Edukasi Perakitan Komputer unuk Peserta Didik SMK Batik Perbaik Purworejo,” J. Elektron. Pendidik. Tek. Inform. Vol. 4 Nomor, vol. 5, no. 1, 2015.