Isi Artikel Utama

Abstrak

Kegiatan pendaftaran pasien berupa pencatatan data diri yang dilakukan untuk mempermudah pencarian data yang sudah dicatat dan mempermudah mengenali pasien yang baru mendaftar, sedangkan pemeriksaan riwayat pemeriksaan pasien merupakan hasil diagnosis dari proses pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter Kegiatan pencatatan yang masih dilakukan di buku jurnal berdasarkan observasi di Diego Klinik Cihuni menjadikan pertugas yang mencatat harus bertanya tentang pasien yang sudah mendaftar atau belum lalu mencari data dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi  untuk pendaftaran dan mencatat riwayat pemeriksaan pasien yang bertempat di klinik berbasis web, dimana dalam perancangannya menggunakan metodologi Unified Sofware Development Process yang terdiri dari beberapa tahapan Analisis, Perancangan, Implementasi Deployment dan Pengujian serta menggunakan Unified Modelling Language untuk pemodelannya dan pengujian, serta  menggunakan blackbox testing untuk tahap pengujian. Penelitian ini menghasilkan aplikasi yang dapat menampilkan informasi seputar pendaftaran dan riwayat pemeriksaan pasien dan mempermudah petugas dalam mengelola pemeriksaan dengan kelengkapan fitur cetak data

Kata Kunci

Pendaftaran Pemeriksaan Pasien Riwayat

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. Mulyani dan S. Nurfatonah, “Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran dan Riwayat Pemeriksaan Pasien di Klinik Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 1-9, Agu 2021.

Referensi

[1] E. Y. Anggraeni dan R. Irvani, PENGANTAR SISTEM INFORMASI, I. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2017.
[2] A. Kristanto, Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Revisi. Yogyakarta, 2018.
[3] I. muhammad Hanif dan L. Fitriani, Perancangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Client-Server Studi Kasus Klinik Cipanas, J. Algoritm, 2016.
[4] A. Mulyani dan F. N. Ramadhan, Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Santri Baru Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Persis Tarogong Berbasis Web ,J. Algoritm, 2015.
[5] L. Lukmanurkarim dan A. Mulyani, Pengembangan Aplikasi Pencatatan Persediaan Obat Menggunakan Metodologi Berorientasi Objek di Apotek Nur Gesifa, J. Algoritm., 2016.
[6] R. Sinaga dan Nurhadi, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Pada Klinik Akper Kesdam II / Sriwijaya Garuda, J. Manaj. Sist. Inf., 2016.
[7] B. Nugroho, S. H. Fitriasih, dan B. Widada, Sistem Informasi Rekam Medis di Puskesmas Masaran I Sragen, J. TIKomSiN, 2015,
[8] A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP, I. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2010.
[9] R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
[10] HIdayat, Marlina, Utami, dan L. Dini, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall, 2017.
[11] H. Lalompoh, Pengembangan Aplikasi Pelaporan Kuliah Kerja Terpadu Universitas Sam Ratulangi, J. Tek. Inform., hal. 2, 2018.
[12] R. AS dan M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.