Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Sistem Informasi Geografis dimana setiap tindakan kriminal yang bersifat umum ditampilkan di titik kejadian perkara, selain itu dibutuhkan pula sebuah kanal yang memungkinkan masyarakat untuk melaporkan kejadian yang perlu ditangani oleh kepolisian, dengan penelitian ini pula mencangkup fitur untuk masyarakat memberikan kritik dan saran kepada kepolisian guna evaluasi bagi kepolisian untuk meningkatkan pelayanan. Metodologi yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut menggunakan metodologi Rational Unified Proccess (RUP) yang tahapannya terdiri dari Inception, Elaboration, Contruction dan Transition serta pemodelan yang akan digunakan adalah Unified Modelling Language (UML) yang terdiri dari diagram Use Case Diagram, Activity Diagram, Squence Diagram, dan Class Diagram. Penelitian ini berfokus pada tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor dengan menggunakan data pada tahun 2019 yang berasal dari Kepolisian Kabupaten Garut. Hasil dari penelitian berupa sistem yang dapat melihat titik lokasi kejadian tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor dan melaporkan tindakan pidana dan menyampaikan kritik dan saran kepada kepolisian oleh masyarakat yang dikelola oleh kepolisian.

Kata Kunci

Kriminalitas Sistem Informasi Geografis Rational Unified Proccess

Rincian Artikel

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sekretaris Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Garut
Cara Mengutip
[1]
R. Setiawan dan B. Salam, “Sistem Informasi Geografis Daerah Rawan Kriminalitas di Kabupaten Garut”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 10-17, Agu 2021.

Referensi

[1] L. Fitriani and T. Faturochman, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pariwisata Dan Industri Berbasis Web,” J. Algoritm., 2019.
[2] R. Setiawan, D. Kurniadi, and H. Bunyamin, “Perancangan Sistem Pengelolaan Penanggulangan Bencana Alam Garut Berbasis Sistem Informasi Geografis,” J. Algoritm.
[3] Andrianto and M. Jazman, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Titik Lokasi Daerah Rawan Kriminalitas Kota Solok (Studi Kasus: Polres Solok Kota),” Semin. Nas. Teknol. Inf. Komun. dan Ind., 2018.
[4] S. Rahayu, “Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sebaran Alumni,” J. Algoritm., vol. 15, no. 2, pp. 113–119, 2019, doi: 10.33364/algoritma/v.15-2.113.
[5] E. Wildayanti, D. Tresnawati, and R. Setiawan, “Rancang Bangun Profil Wisata Dengan Sistem Informasi Geografis Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Garut,” J. Algoritm., 2015.
[6] S. Bagian, J. Kejahatan, and K. B. Android, “KRIMINALITAS PADA DITRESKRIMUM POLDA.”
[7] R. Setiawan and L. H. Agustin, “Pengembangan Aplikasi Controlling Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Koordinator, Dan Pemangku Keputusan,” J. Algoritm., 2016.
[8] M. Shalahuddin and A. S. Rosa, “Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek,” Bandung Inform., 2013.
[9] B. Nugroho, “PHP dan MySQL dengan editor Dreamweaver MX,” Yogyakarta Andi, 2004.
[10] Y. Yudhanto and H. A. Prasetyo, Mudah menguasai framework laravel. Elex Media Komputindo, 2019.
[11] A. M. Rudianto, Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2011.
[12] A. Husein, Proyek Membangun Responsive Web Desain dengan Bootstrap 3 dan 4. Yogyakarta: CV.Lokomedia, 2015.
[13] A. Maulana and S. Rahayu, “Rancang Bangun Aplikasi Panduan Cara Membuat Identitas Diri Untuk Penyandang Autis,” J. Algoritm., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2020.
[14] M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “PENGUJIAN APLIKASI MENGGUNAKAN BLACK BOX TESTING BOUNDARY VALUE ANALYSIS (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN),” 2015.
[15] V. Febrian, M. R. Ramadhan, M. Faisal, and A. Saifudin, “Pengujian pada Aplikasi Penggajian Pegawai dengan menggunakan Metode Blackbox,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 5, no. 1, pp. 61–66, 2020.