Isi Artikel Utama

Abstrak

Bahasa Inggris ialah bahasa yang sebagian besar digunakan didunia, sehingga Bahasa Inggris dijadikan Bahasa Universal, di tanah air kita sendiri Bahasa Inggris merupakan bahasa yang harus dipelajari, tetapi dalam proses pembelajarannya Bahasa Inggris masih dipelajari dengan metode buku dan papan tulis sehingga banyak murid yang merasa jenuh dan kurang memperhatikannya. Penggunaan media pembelajaran diperlukan untuk menunjang proses belajar supaya lebih efektif dan efisien. Di karenakan hal itu dirancanglah aplikasi pembelajaran berbasis android yang berisi materi-materi Bahasa Inggris. Metode perancangan aplikasi yang dipakai untuk membangun aplikasi ini yaitu MDLC dengan tahapan konsep, desain, pengumpulan material, pemasangan, pengujian, dan distribusi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran berbasis android dengan teori Bahasa Inggris pronoun, tobe, dan tenses. Dengan adanya aplikasi ini maka masyarakat Indonesia bisa mempelajari Bahasa Inggris kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan waktu.

Kata Kunci

Android Bahasa Inggris MDLC Pembelajaran Android Bahasa Inggris MDLC Pembelajaran

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Rahayu, R. Ramadhani, dan N. N. Rhamdani, “Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pronoun, Tobe, dan Tenses Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 323–329, Jan 2022.

References

    [1] Fika Megawati, “Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif,” J. Pedagog., Vol. 5, No. 9, Pp. 147–156, 2016, Doi: 10.1007/S00381-016-3174-3.
    [2] V. Chairina, “Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan,” Pp. 354–364, 2019, Doi: 10.31227/Osf.Io/Xdqjg.
    [3] S. N. Maili, “Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar :,” Vol. 6, Pp. 23–28, 2018.
    [4] T. Sugiharto, “Rancang Bangun Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif,” Vol. 1, No. 1, Pp. 22–30, 2016.
    [5] R. Masykur, N. Nofrizal, And M. Syazali, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., Vol. 8, No. 2, Pp. 177–186, 2017, Doi: 10.24042/Ajpm.V8i2.2014.
    [6] Y. Nuriyanti And D. Tresnawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,” J. Algoritm., Vol. 12, No. 1, Pp. 52–60, 2015, Doi: 10.33364/Algoritma/V.12-1.52.
    [7] S. Rahayu And P. Denenty, “Pengembangan Aplikasi Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia,” J. Algoritm., Vol. 14, No. 2, Pp. 606–612, 2015, Doi: 10.33364/Algoritma/V.14-2.606.
    [8] D. Tresnawati And E. Hidayat, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf, Angka Dan Warna Untuk Anak Berbasis Multimedia,” J. Algoritm., Vol. 14, No. 2, Pp. 400–409, 2015, Doi: 10.33364/Algoritma/V.14-2.400.
    [9] N. R. Rambe And A. H. Saragih, “Pengembangan Media Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., Vol. 3, No. 2, Pp. 181–193, 2016, Doi: 10.24114/Jtikp.V3i2.5015.
    [10] E. Riana And A. Gafur, “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Deskriptif Untuk Siswa Smp/Mts,” J. Inov. Teknol. Pendidik., Vol. 2, No. 2, Pp. 212–224, 2015, Doi: 10.21831/Tp.V2i2.7611.
    [11] S. Rahayu And R. Ardiansyah, “Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia,” J. Algoritm., Vol. 14, No. 2, Pp. 302–308, 2016, Doi: 10.33364/Algoritma/V.14-2.606.
    [12] Y. Septiana, A. Mulyani, And E. P. Dewi, “Rancang Bangun Aplikasi Edukasi Pengenalan Rafting Safety Procedure Berbasis Android,” J. Algoritm., Vol. 16, No. 1, Pp. 58–65, 2019, Doi: 10.33364/Algoritma/V.16-1.58.