Isi Artikel Utama

Abstrak

Metode pembelajaran berbasis multimedia banyak digunakan untuk anak-anak dengan berbagai topik, hal ini karena aplikasi multimedia memudahkan anak-anak belajar. Hal ini memicu penelitian untuk merancang bangun aplikasi multimedia dengan topik beragam, seperti pada penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu merancang bangun media pembelajaran pengenalan jenis sayuran berbasis Multimedia Development Life Cycle yang interaktif. Rancang bangun aplikasi dijalankan menggunakan. Enam tahapan yaitu tahapan konsep perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Aplikasi yang dihasilkan telah dapat menjalankan fungsi-fungsi sebagai media pembelajaran sesuai dengan yang ditentukan.

Kata Kunci

Multimedia Media Pembelajaran Sayuran Teknologi Multimedia Media Pembelajaran Sayuran Teknologi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. D. S. Fatimah dan B. Taufikulmanan, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Jenis Sayuran Berbasis Multimedia Development Life Cycle”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 97–105, Agu 2021.

References

  1. Y. Nuriyanti and D. Tresnawati, “Pengembangan Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Isyarat Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android,†J. Algoritm., 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.12-1.52.
  2. Y. Maretha, A. B. Setiawan, and D. W. Widodo, “GAME EDUKASI PENGENALAN NAMA SAYURAN MENGGUNAKAN ROLE PLAYING GAME(RPG) MAKER VX ACE LITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI PAUD KHADIJAH BLABAK KANDAT,†Simki-Techsain, vol. 02, no. 06, pp. 1–9, 2017.
  3. H. Pamungkas, “Aplikasi Pengenalan Nama–Nama Buah, Sayur, Hewan Dan Alat Transportasi Dalam Bahasa Inggris–Arab Untuk Anak-Anak,†Electron. Theses Diss., vol. 50, no. 5, 2013.
  4. A. L. Sari, D. Tresnawati, and D. N. Hakim, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Dasar Bahasa Arab Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.11-2.196.
  5. U. Nuha, Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Diva Press (Anggota IKAPI), 2016.
  6. D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and A. Nugraha, “Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Komputer Berbasis Multimedia Dengan Pendekatan Metodologi (R&D),†J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 173–180, 2020, doi: 10.33364/algoritma/v.16-2.173.
  7. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
  8. A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Elsevier Sciance & Technology Books, 1994.
  9. D. Heryanto, A. Sutedi, and R. Cahyana, “The proposed information system design to improve new students,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 2, p. 022080, 2019.
  10. A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
  11. I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori Pengembangan. Yogyakarta: Andi, 2010.
  12. Munir, Multimedia Konsep & Plikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.