Isi Artikel Utama
Abstrak
Anatomi tubuh tulang manusia yaitu salah satu sistem alat gerak tubuh manusia dengan menggunakan media pembelajaran dalam bentuk aplikasi, anatomi tubuh pada manusia mempunyai beberapa kategori diantaranya ada tulang kepala, badan, kaki, dan tangan, struktur tulang merupakan sebuah anatomi tubuh manusia yang berperan penting sebagai pergerakan dan tempat membentuknya tubuh serta berfungsi untuk kesehatan bagi sistem tubuh lain, Tulang manusia terdapat pada rangkaian struktur tulang belakang yang dapat tegak berdiri pada tubuh tersebut, Dalam pembangunan media pembelajaran terdapat materi pembelajaran teori, animasi, teks, audio, video yang interaktif dalam aplikasi. Disamping itu sedikit orang yang mengetahui tentang pentingnya mempelajari anatomi tubuh manusia sebagai edukasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran anatomi tubuh pada manusia menggunakan sistem multimedia yang diharapkan dapat membantu mengenalkan kepada masyarakat umum khususnya pada anak-anak. Sesuai acuan tinjauan pustaka mengindentifikasi permasalahan dalam media pembelajaran anatomi tubuh manusia dengan batasan struktur tulang, penelitian kali ini menerapkan metodelogi penelitian Multimedia Development LifeeCycle dengan beberapa tahapan-tahapan terdiri dari konsep, perancangan, pengumpulan material, desain, uji aplikasi, denganAlpha dengan Black Box testing dan, pendistribusian untuk kepuasan pengguna. Tujuan penelitian berupa laporan, jurnal, dan aplikasi anatomi tubuh manusia android yang cocok untuk masyarakat umum, dilengkapi dengan fitur evaluasi dan penyampaian materi berupa video.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- J. A. Putra and D. Mayangsari, “Aplikasi Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Multimedia,†J. Tek., vol. 5, 2015.
- D. Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
- A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
- A.-B. Ladjamudin, Latmajudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
- I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan,†JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 2, pp. 160–167, 2017, doi: 10.21009/jrpk.072.10.
- D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and C. S. Ma’rup, “Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia,†J. Algoritm., 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.281.
- D. Tresnawati, E. Satria, and Y. Adinugraha, “Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., vol. 13, pp. 99–105, 2016.
- I. E. Saputra and R. W. Arifin, “Animasi Interaktif Pengenalan Perangkat Hardware Dan Software Untuk Kelas X Teknik Komputer Jaringan,†Bina Insa. Ict J., vol. 5, no. 1, pp. 81–90, 2018.
- R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,†Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1. pp. 184–190, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.184.
- E. Satria, D. Tresnawati, and C. Saepuloh, “Rancang Bangun Aplikasi Ibadah Dzikir Dan Doa Harian Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 368–372, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.368.
- D. D. S. Fatimah, E. Satria, and A. Andriyani, “Rancang Bangun Aplikasi Media Interaktif Fiqih Pengurusan Jenazah Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 16, pp. 181–185, 2019.
- B. Wahyono and S. Nurachmandani, Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 53, no. 9. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2016.
References
J. A. Putra and D. Mayangsari, “Aplikasi Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Multimedia,†J. Tek., vol. 5, 2015.
D. Darmawan, Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
A.-B. Ladjamudin, Latmajudin, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.
I. A. D. Astuti, R. A. Sumarni, and D. L. Saraswati, “Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif Larutan,†JRPK J. Ris. Pendidik. Kim., vol. 7, no. 2, pp. 160–167, 2017, doi: 10.21009/jrpk.072.10.
D. D. S. Fatimah, D. Tresnawati, and C. S. Ma’rup, “Perancangan Game Puzzle Untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia,†J. Algoritm., 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.281.
D. Tresnawati, E. Satria, and Y. Adinugraha, “Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., vol. 13, pp. 99–105, 2016.
I. E. Saputra and R. W. Arifin, “Animasi Interaktif Pengenalan Perangkat Hardware Dan Software Untuk Kelas X Teknik Komputer Jaringan,†Bina Insa. Ict J., vol. 5, no. 1, pp. 81–90, 2018.
R. A. Rahman and D. Tresnawati, “Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia,†Jurnal Algoritma, vol. 13, no. 1. pp. 184–190, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.184.
E. Satria, D. Tresnawati, and C. Saepuloh, “Rancang Bangun Aplikasi Ibadah Dzikir Dan Doa Harian Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 368–372, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.368.
D. D. S. Fatimah, E. Satria, and A. Andriyani, “Rancang Bangun Aplikasi Media Interaktif Fiqih Pengurusan Jenazah Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 16, pp. 181–185, 2019.
B. Wahyono and S. Nurachmandani, Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 53, no. 9. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2016.