Isi Artikel Utama

Abstrak

Suku cadang atau yang disebut dengan sparepart biasanya tidak selalu tersedia secara siap ada di pasaran melainkan sangat terbatas keberadaannya. Suku cadang ini merupakan alat penunjang mesin-mesin yang digunakan untuk untuk memproduksi suatu produk sehingga suku cadang mempunyai peranan yang sangat vital bagi kelangsungan proses produksi disetiap perusahaan manufaktur. Pada saat ini berkembang sangat pesat banyak informasi yang di olah dan di kemas dengan media sedemikian rupa yang kemudian dikemas dengan media contohnya seperti penggunaan media pembelajaran untuk menunjang proses belajar sehingga lebih efektif dengan menggabungkan Antara gambar, audio dan video yang disebut dengan multimedia. Maka dari itu dirancanglah aplikasi berbasis multimedia yang berisi materi-materi mengenai suku cadang kendaraan bermotor dengan metodologi yang digunakan yaitu Multimedia Development Life Cycle atau biasa disebut (MDLC) yang memiliki 6 tahapan diantaranya yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. penelitian ini menghasilkan sebuah Aplikasi Suku Cadang Sepeda Motor Berbasis Multimedia sebagai media pembelajaran yang menampilkan materi mengenai pengertian Suku Cadang, jenis-jenis suku cadang, fungsi suku cadang, serta video yang menjelaskan cara pemasangan suku cadang kendaraan bermotor.

Kata Kunci

Aplikasi Informasi Media Pembelajaran Multimedia Suku Cadang Aplikasi Informasi Media Pembelajaran Multimedia Suku Cadang

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
S. Rahayu dan M. H. Fahlevi, “Media Pembelajaran Pengenalan Suku Cadang Sepeda Motor Berbasis Multimedia”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 539–544, Mar 2022.

References

  1. F. Hutabarat, S. Setyaningsih, and A. Qur’ania, “Sistem Komputerisasi Data Suku Cadang Kendaraan Bermotor Roda Dua Berbasis Web,†Int. J. Eng. Technol., 2017.
  2. A. Y. Nugroho and J. Sutopo, “Rancang bangun aplikasi pemesanan layanan service mobil berbasis website,†J. ePrints UTY, 2018.
  3. S. Rahayu and R. Ardiansyah, “Pengembangan Aplikasi Tata Cara Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia.â€
  4. S. Rahayu and P. Denenty, “Pengembangan Aplikasi Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia.â€
  5. M. R. Perkasa, A. Deddy, and Partono, “Perancangan Aplikasi Penjualan Sparepart Pada Bengkel Fajar Motor Menggunakan Metode Berorientasi Objek,†J. Algoritm., 2014.
  6. Zubaidah, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Sparepart Motor Pada Bengkel One Batam Berbasis Web,†STMIK Batam, 2017.
  7. S. Degei and B. Sudaryatno, “Sistem Informasi Administrasi Jasa Service Dan Penjualan Sparepart Kendaraan Bermotor Pada Toko Restu Motor Yogyakarta,†Naskah Publ., 2015.
  8. A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Elsevier Sciance & Technology Books, 1994.
  9. A. H. Sutopo, Multimedia Interaktif dengan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2003.
  10. M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,†J. Online Inform., 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
  11. S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle,†Prosisko, vol. 3, p. 2, 2016.
  12. Munir, Multimedia Konsep & Plikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.