Isi Artikel Utama

Abstrak

Pemasaran merupaakan ujung tombak dari sebuaah bisnis, sebagaimana diketahui nama brand sudah memiliki nilai dimasyarakat selain itu sangat berpengaruhnya seorang influencer dalam mewarnai pola hidup masyarakat. Dengan demikian apabila dikombinasikan antara kebutuhan pengusaha untuk melakukan pemasaran dan influencer yang memiliki pengaruh di masyarakat maka dapat menjadi sebuah inovasi apabila dibuat sebuat platform yang yang menampung katalog jasa endorsment dari pada selebgram. Katalog jasa endorsment terpusat dibangun melalui sistem informasi berbasis web dimana pelanggan bisa melihat daftar selebgram beserta informasi detil mengenai akun dan melakukan transaksi didalamnya. Sistem informasi tersebut dibangun menggunakan metodologi Unifieed Softwaree Developmennt Proces  (USDP) adalah tahapannya yaitu mendefinisikan model analisiss, model perancangaan, model devlopmnet, implementasii serta model pengujiaan. Proses pemodelaan menggunaakan Unifieed Modeling Languege. Hasil dari penelitian berupa sebuah marketplace yang bernama socialbuzzer yang dikelola oleh manajemen artis untuk menjadi perantara antara pengusaha dan selebgram.

Kata Kunci

marketplace selebgram Unified Software Development Process Marketplace Selebgram Unified Software Development Process

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. . Mulyani, R. R. Pujianti, dan S. Sukirno, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Untuk Selebgram Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 418–423, Jan 2022.

References

  1. H. Y. Ardi, B. Priyambadha, and A. A. Soebroto, “Pengembangan Aplikasi Reservasi dan Manajemen Marketplace Homestay berbasis Web ( Studi Kasus : Kota Pekanbaru ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2019.
  2. B. V. M. Putra, L. P. Dewi, and A. N. Purbowo, “Aplikasi Marketplace Lelang Berbasis Android,” J. Infra, 2019.
  3. H. A. Fachriyan and I. P. E. Wijaya, “APLIKASI MODEL E-MARKETPLACE DALAM E-AGRIBUSINESS,” MEDIAGRO, 2019, doi: 10.31942/md.v14i01.2614.
  4. M. S. Rizal and V. Julianto, “Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Tour dan Travel Di Kota Semarang,” J. Sains dan Inform., 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i1.170.
  5. A. I. G. Prakasa and F. Ardiansyah, “Perancangan User Experience Aplikasi Marketplace Paket Wisata Indonesia untuk Wisatawan Lokal,” J. Ilmu Komput. dan Agri-Informatika, 2018, doi: 10.29244/jika.5.1.51-60.
  6. S. Sunarti, S. Rachmawati, and F. Handayanna, “PENINGKATAN PENDAPATAN UKM PADA HACORD GALLERY DENGAN APLIKASI WEB MARKETPLACE E-COMMERCE,” J. Terap. Abdimas, 2019, doi: 10.25273/jta.v4i2.4840.
  7. G. Prakarsa, “Analisis Faktor-faktor Penerimaan Konsumen Pada Aplikasi E-Marketplace Lazada Menggunakan TAM,” Sainteks J. Sains dan Tek., 2019, doi: 10.37577/sainteks.v1i2.132.
  8. A. Khumaidi, “Perancangan Aplikasi Marketplace Order Baju Pintar Menggunakan Web Responsif Untuk Memudahkan Customer Mendesain Sesuai Selera,” Ikhraith-Informatika, 2018.
  9. R. Setiawan, “Perancangan Elektronik Marketplace Event Organizer,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 247–254, 2019.
  10. N. N. Firmansyah and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web pada Toko Spiccato Bandung,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 572–581, 2017.
  11. I. A. Fauzi and A. Mulyani, “Perancangan Sistem Informasi Kuliner Di Brother Caffe Berbasis Web,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 384–391, 2017.
  12. R. Wulandari, R. Setiawan, and A. Mulyani, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Wedding Organizer Online Menggunakan Scrum,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 139–150, 2019.
  13. A. A. Salim, S. F. S. Gumilang, and M. A. Hasibuan, “Pengembangan Aplikasi E-commerce Berbasis Website Menggunakan Content Management System (cms) Wordpress Pada Startup Hardcraft. id,” eProceedings Eng., vol. 5, no. 2, 2018.
  14. Hutauruk, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Marketplace Cinderamata Khas Batak Berbasis Android,” J. Method., 2017.
  15. A. Nugroho, Rekayasa perangkat lunak berorientasi objek dengan metode USDP. Penerbit Andi, 2010.