Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan pemanfaatan internet pada bidang bisnis semakin pesat, sehingga persaingan pun menjadi lebih ketat. Salah satu pemanfaatannya pada pelayanan reservasi hotel (pemesanan kamara hotel) berbasis web. Selama ini, sistem sewa kamar yang ada di Hotel Banyu Alam masih dilakukan dengan cara melakukan pencatatan buku reservasi sehingga sistem tersebut perlu dibenahi. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Kamar Hotel ini mengadopsi metode Rapid Application Developtment (RAD) yang dikemukakan oleh Pressman dengan tahapan berupa pemodelan bisnis, pemodelan data, pemodelan proses dan pembangunan aplikasi dengan tujuan dapat menghitung besaran pembayaran uang muka dan pengelolaan data tamu dan kamar hotel yang akhirnya diharapkan dapat meningkatkan aktifitas bisnis yang terjadi di hotel tersebut. Dengan adanya sistem pemesanan kamar ini akan meningkatkan kualitas pelayanan, serta proses bisnis yang terjadi di Resort Banyu Alam. Sistem yang dibangun menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh tamu serta pihak Resort Banyu Alam, diantaranya yaitu pemesanan kamar, input data jenis kamar, input data kamar serta update harga reservasi kamar. Dengan adanya fasilitas tersebut pelayanan serta pemesanan dapat lebih cepat, akurat dan tepat waktu karena pengolahan datanya dilakukan oleh sistem.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
[1]
G. G. Arifin, A. Deddy, dan E. Satria, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN KAMAR HOTEL BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODOLOGI RAPID APPLICATION DEVELOPMENT”, Jurnal Algoritma, vol. 10, no. 2, hlm. 115–123, Mei 2014.