Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived trust terhadap behavioral intention dalam menggunakan Go-Pay di Kabupaten Garut. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan sebagai sampel sebanyak 100 responden. Penulis menggunakan data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner terhadap pengguna Go-Pay di Kabupaten Garut dan melakukan wawancara terhadap pengguna Go-Pay serta Psikolog. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dan teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah studi kepustakaan, kuesioner, dan penelitian lapangan, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan penulis adalah analisis regresi linier berganda dan koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS (Statistical Package Social Science) versi 23. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap behavioral intention dalam menggunakan Go-Pay di Kabupaten Garut memiliki pengaruh yang siginifikan dimana pengguna merasakan manfaat yang cukup banyak dari menggunakan Go-Pay, tetapi untuk perceived trust terhadap behavioral intention dalam menggunakan Go-Pay di Kabupaten Garut tidak memiliki pengaruh yang signifikan bahwa pengguna akan kembali menggunakan Go-Pay dalam transaksinya.

Kata Kunci

Behavioral Intention Perceived Ease of Use Perceived Usefulness Perceived Trust Behavioral Intention Perceived Ease of Use Perceived Usefulness Perceived Trust

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
N. S. Suseno, D. C. Ingawan, dan I. Rosmayati, “Identifikasi Behavioral Intention dengan Pendekatan Technology Acceptance Model: Studi Kasus pada Pengguna Go-Pay di Kabupaten Garut”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 292–301, Nov 2021.

References

  1. J. Melorose, R. Perroy, and S. Careas, “Trust and TAM in Online Shopping: An Integrated Model,†Statew. Agric. L. Use Baseline 2015, vol. 1, no. 1, pp. 51–90, 2015, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
  2. J. Hemalatha and L. Balakrishnan, “Technology acceptance of digitally connected consumers with special reference to online shoppers in chennai city,†Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 9, no. 2, pp. 5162–5170, 2020.
  3. Kompas, “APJII Jumlah Penyelenggara Internet di Indonesia,†2019. .
  4. J. C. Gu, S. C. Lee, and Y. H. Suh, “Determinants of behavioral intention to mobile banking,†Expert Syst. Appl., vol. 36, no. 9, pp. 11605–11616, 2009, doi: 10.1016/j.eswa.2009.03.024.
  5. M. C. Lee, “Factors influencing the adoption of internet banking: An integration of TAM and TPB with perceived risk and perceived benefit,†Electron. Commer. Res. Appl., vol. 8, no. 3, pp. 130–141, 2009, doi: 10.1016/j.elerap.2008.11.006.
  6. S. Yang, Y. Lu, S. Gupta, Y. Cao, and R. Zhang, “Mobile payment services adoption across time: An empirical study of the effects of behavioral beliefs, social influences, and personal traits,†Comput. Human Behav., vol. 28, no. 1, pp. 129–142, 2012, doi: 10.1016/j.chb.2011.08.019.
  7. Cermati, “Manfaat Dompet Digital GoPay dari GoJek dan Cara Isi Saldonya,†2019. .
  8. Katadata, “Transaksi Tembus Rp 89,5 Triliun, Pengguna Aktif GoPay Terbanyak di RI,†2019. .
  9. Q. Yang, C. Pang, L. Liu, D. C. Yen, and J. Michael Tarn, “Exploring consumer perceived risk and trust for online payments: An empirical study in China’s younger generation,†Comput. Human Behav., vol. 50, pp. 9–24, 2015, doi: 10.1016/j.chb.2015.03.058.
  10. R. P. Trihutama, “Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness , dan Trust Terhadap Behavioral Intention to Use (Studi Pada Pengguna Go-Pay Layanan Go-Jek),†J. Kaji. Manaj. dan Wirausaha, vol. 2, no. 2, pp. 1–15, 2020.
  11. L. Joan and T. Sitinjak, “Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay,†J. Manaj., vol. 8, no. 2, pp. 27–39, 2019.
  12. R. Usman, “Karakteristik Uang Elektronik Dalam Sistem Pembayaran,†Yuridika, vol. 32, no. 1, p. 134, 2017, doi: 10.20473/ydk.v32i1.4431.
  13. E. Fatmawati, “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan,†Iqra’ J. Perpust. Dan Inf., vol. 9, no. 1, pp. 1–13, 2015.
  14. T. Karimah and D. S. Sunarti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Behavioral Intention,†J. Adm. Bisnis, vol. 70, no. 1, p. 21, 2019.
  15. F. D. Davis, “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,†MIS Q., vol. 13, no. 5, pp. 319–339, 1989.
  16. D. R. V. Dr. R. Navaneetha Krishnan V.Sathish , “Investigation of Effective Factors on e-Banking using the Technology Acceptance Model,†Int. J. Adv. Sci. Technol., vol. 29, no. 9s SE-Articles, pp. 2932–2944, 2020.
  17. B. Santoso, “Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment Terhadap Penerimaan Teknologi Informasi,†J. Stud. Akunt. Indones., no. 1998, pp. 1–15, 2010.
  18. C. A. Purnama and I. Widiyanto, “Studi Tentang Minat Beli E-Toll Card di Kota Semarang,†Diponegoro J. Manag., vol. 1, pp. 300–310, 2012.
  19. S. Chauhan, “Acceptance of mobile money by poor citizens of India: Integrating trust into the technology acceptance model,†Info, vol. 17, no. 3, pp. 58–68, 2015, doi: 10.1108/info-02-2015-0018.
  20. D. P. J. Ariwiboro and M. A. Nugroho, “Pengaruh Trust dan Perceived Of Risk terhadap Niat Untuk Bertransaksi Menggunakan E-Commerce,†vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
  21. A. Priyono, “Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay,†J. Siasat Bisnis, vol. 21, no. 1, pp. 88–106, 2017, doi: 10.20885/jsb.vol21.iss1.art6.
  22. A. M. K. Ferdiana and G. S. Darma, “Understanding Fintech Through GoPay,†Int. J. Innov. Sci. Res. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 257–260, 2019.