Isi Artikel Utama

Abstrak

Media pembelajaran diperlukan supaya kegiatn belajar mengajar lebih efektif dan edukatif. Media pembelajaran dapat memberikan suasana berbeda dalam proses belajar dibanding Teknik konvensional yang terpaku pada buku teks saja . Salah satu produk aplikasi media pembelajaran tersebut adalah komponen sepeda motor. Aplikasi ini berisi materi berupa gambar yang disertai teks, dan audio. Dalam penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Hasil dari ini penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran komponen sepeda motor matic ini dapat digunakan sebagai alternatif belajar dari Teknik konvensional ke media pembelajaran multimedia sehingga diharapkan bias meningkatkan minat, semangat, dan pemahaman tentang materi komponen sepeda motor matic

Kata Kunci

Android Komponen Sepeda Motor Media Pembelajaran MDLC Android Komponen Sepeda Motor Media Pembelajaran MDLC

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
Y. M. . Yusup, A. Sutedi, dan D. Tresnawati, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Komponen Sepeda Motor Matic Berbasis Android”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 594–602, Mar 2022.

References

  1. Munir, Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. 2020.
  2. Yuventius, Media Pembelajaran Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Yamaha Mio Untuk Smk Muhammadiyah Cangkringan. 2016.
  3. S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak,†J. PROSISKO, 2016.
  4. D. Tresnawati, L. Fitriani, and H. Mubarok, “Pendekatan MDLC untuk Media Pembelajaran Pengenalan HIV/AIDS Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 17, no. 2, pp. 354–360, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.17-2.354.
  5. R. Damanik and W. Ginting, “Implementasi Tik Pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dengan Model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Untuk Informasi Digital Pariwisata Sebagai Peningkatan Kualitas Layanan Pengunjung Desa Wisata Dokan,†JIK, 2021.
  6. Y. Mubarok, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan Flash Lite 2.0 Pada Mata Diklat Baterai Untuk Siswa Kelas X Semester I Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta,†Uiversitas Negeri Yogyakarta, 2015.
  7. Yuyun Dwi Prabowo, “Pengembangan Media Pembelajaran Mechanical Matic Engine Menggunakan Engine Cutting 5 . 5 Hp Untuk Dasar,†2017.
  8. R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,†J. Edukasi dan Penelit. Inform., 2019.
  9. Tri Anggoro Mukti Santoso, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Starter Berbasis Adobe Flash Pada Sistem Operasi Android Untuk Kelas XI Jurusan TKR Tugas Akhir Skripsi dengan Judul Android Untuk Kelas XI Jurusan TKR Smk Muhammadiyah 3 Yogyakarta,†2017.
  10. Arif Saefudin, “Pengembangan Tutorial Servis Sepeda Motor,†2015.
  11. M. H. Batubara, A. H. Sihite, and I. Saputra, “Aplikasi Pembelajaran Teknik Mesin Otomotif Kendaraan Ringan Dengan Metode Computer Assisted Instruction ( Studi Kasus : Smk Swasta Karya Pendidik ),†vol. 12, pp. 266–270, 2017.
  12. D. Nurdiana and A. Suryadi, “Perancangan Game Budayaku Indonesiaku Menggunakan Metode Mdlc,†J. PETIK, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i2.149.