Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengenalan sistem tata surya untuk siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sangatlah penting. Seiring perkembangan zaman, cara penyampaian materi sistem tata surya makin berkembang, dari mulai menggunakan buku, media pembelajaran fisik, video edukasi, hingga kini dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Maka dengan perkembangan teknologi saat ini, penelitian ini ditujukan untuk membangun sebuah media pembelajaran pengenalan sistem tata surya dengan teknologi Augmented Reality untuk siswa Sekolah Dasar yang sebelumnya menggunakan media pembelajaran lain sebagai media penyampaian materi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dengan tahapan yang ada didalamnya yaitu Konsep(Concept), Perancangan(Design), Pengumpulan bahan(Material Colecting), Pembuatan(Assembly), Pengujian(Testing), Distribusi (Distribution). Hasil dari penelitian ini berupa terciptanya aplikasi media pembelajaran Sistem Tata Surya dengan menggunakan Augmented Reality untuk siswa Sekolah Dasar. Dengan adanya media pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan semangat para siswa dalam mempelajari materi seputar Sistem Tata Surya dengan memanfaatkan teknologi Augmented. Reality.

Kata Kunci

Augmented Reality Multimedia Development Life Cycle Tata Surya Augmented Reality Multimedia Development Life Cycle Tata Surya

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. . Tresnawati, S. Rahayu, dan K. Yusuf, “Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Siswa Sekolah Dasar”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, hlm. 182–191, Agu 2021.

References

  1. T. Yuliono, S. Sarwanto, and P. Rintayati, “Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia,†J. Pendidik. Dasar, vol. 3, no. 3, pp. 65–84, 2018.
  2. L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,†Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6.
  3. F. Tahel and E. Ginting, “Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis Berbasis Android,†Teknomatika, vol. 9, no. 02, pp. 113–120, 2019.
  4. E. Prasetya, A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,†J. Online Inform., vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017, doi: 10.15575/join.v2i2.139.
  5. D. Tresnawati and M. F. Desfriansyah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Menggunakan Marker-Based Augmented Reality,†J. Algoritm., vol. 17, pp. 402–408, 2020.
  6. D. Tresnawati, D. D. S. Fatimah, and S. Rayahu, “The introduction of solar system using augmented reality technology,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 7, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/7/077003.
  7. C. A. Sugianto, “APLIKASI EDUKASI TATA SURYA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS MOBILE,†Informatics Res. Dev., pp. 30–39, 2019.
  8. I. Bagus and M. Mahendra, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Menggunakan Unity 3D Dan Vuporia Sdk,†J. Ilm. ILMU Komput. Univ. Udayana, vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2016.
  9. N. Raajan, M. G, Shiva. P, and P. V. M. Vijayabhas, “A Review on: Augmented Reality Technologies, Systems and Applications,†Journal of Applied Sciences, vol. 14, no. 14. pp. 1485–1495, 2014, doi: 1485.1495.
  10. B. Setyawan, Rufi’i, and A. N. Fatirul, “Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Bagi Siswa Sd,†Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 78–90, 2019, doi: 10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90.
  11. M. Masri and E. Lasmi, “Perancangan Media Pembelajaran Tata Surya Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Markerless,†J. Electr. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 40–47, 2018, [Online]. Available: www.kajianpustaka.com.
  12. D. Tresnawati, L. Fitriani, and H. Mubarok, “Pendekatan MDLC untuk Media Pembelajaran Pengenalan HIV / AIDS Berbasis Android,†J. Algoritm., vol. 17, pp. 354–360, 2020.