Isi Artikel Utama

Abstrak

Masa pandemi Covid-19 merupakan masa dimana teknologi sangat dibutuhkan oleh kalangan instansi maupun individu, karena pada masa seperti ini sebagian besar aktifitas dilakukan secara online. Melakukan presensi secara online dan membangun sistem layanan yang dapat menunjang pegawai adalah tujuan dari penelitian ini. Presensi merupakan kegiatan rutin pencatatan kehadiran dalam suatu instansi mengingat kegiatan tersebut berperan sangat penting untuk keberlangsungan dunia kerja. Metodologi Waterfall adalah metodologi yang di gunakan pada penelitian ini, dimana metodologi ini memiliki tahapan yang berurutan dimulai dari pengumpulan data, pemodelan, implementasi dan pengujian perangkat lunak. Dengan dibangunnya aplikasi presensi berbasis android ini diharapkan dapat membantu pihak instansi dalam melakukan kegiatan presensi dan dapat digunakan sebagai alat tolak ukur kedisiplinan pegawai dalam ketepatan waktu kerja, serta kemudahan bagi pegawai itu sendiri agar dapat melakukan absensi di rumah.

Kata Kunci

Android Presensi Fingerprint Waterfall Android Presensi Fingerprint Waterfall

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
L. Fitriani, R. Cahyana, dan N. Zakiatinnufus, “Rancang Bangun Aplikasi Presensi Fingerprint Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Waterfall”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 462–472, Mar 2022.

References

  1. A Sahrah, KEBIJAKAN KERJA DARI RUMAH MENINGKATKAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN KERJA. Yogyakarta: MBridge Press, 2020.
  2. P. K. Sari, A. Pratama, and H. A. D. Rani, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Muatan Balon Atmosfer pada Kompetisi Muatan Balon Atmosfer Tahun 2019 Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kabupaten Garut,” Joined J. (Journal Informatics Educ., vol. 3, no. 1, pp. 15–25, Jun. 2020.
  3. N. F. Dirgantara, “BENTUK KELEMBAGAAN KAWASAN STRATEGIS NASIONAL BANDAR ANTARIKSA INSTITUTIONAL STRUCTURE OF SPACEPORT NATIONAL STRATEGIC,” majalah.lapan.go.id, vol. 19, no. 1, pp. 37–44, 2018.
  4. D. Ariani and T. Nur Bayti, Gagasan Millenial & Generasi Z Untuk Indonesia Emas 2045. Fianosa Publishing, 2020.
  5. T. Sanubari, C. Prianto, and N. Riza, Odol (one desa one product unggulan online) Penerapan Metode Naive Bayes Pada Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan CodeIgniter. Bandung, 2020.
  6. I. Bastian, Akuntansi Yayasan dan Lembaga Publik. Yogyakarta: Erlangga, 2011.
  7. M. R. Dien and L. Fitriani, “Perancangan Monitoring Absensi Dengan Fingerprint Berbasis Online,” J. Algoritm., vol. 14, no. 1, pp. 82–86, Aug. 2017.
  8. R. Gustari and D. D. S. Fatimah, “Perancangan Sistem Pembaca Kartu Mahasiswa Berbasis Radio Frequency Identification,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 420–427, Feb. 2015.
  9. N. Hermanto, N. -, and N. R. D. R. Riyanto, “APLIKASI SISTEM PRESENSI MAHASISWA BERBASIS ANDROID,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 107–116, Apr. 2019.
  10. R. Cahyana, D. Kurniadi, and Z. Aripin, “Pengembangan Teknologi Untuk Memudahkan Pemantauan Kehadiran Karyawan yang Tersebar di Lokasi Berjauhan,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 228–233, Feb. 2020.
  11. R. Setiawan and I. Restiani, “Sistem Penggajian Terintegrasi Fingerprint di Perguruan Tinggi,” J. Algoritm., vol. 16, no. 2, pp. 215–227, Feb. 2020.
  12. M. Fitrah, Metodologi Penelitian : penelitian Deskriptif Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Pbulisher, 2018.