Isi Artikel Utama

Abstrak

Hikmah adalah perusahaan yang melakukan bisnis dibidang makanan khususnya penjualan kerupuk bunga. PD. Hikmah selalu memantau dan mencatat inventaris barang. Berdasarkan observasi dan wawancara dengan instansi, disampaikan bahwa sistem inventaris di PD. Hikmah masih manual. Data barang masuk dan keluar akan dicatat dalam buku, kemudian dibuat ringkasan laporan. Sistem yang ada memiliki banyak kekurangan, termasuk menoleransi kesalahan dalam penginputan barang masuk dan keluar serta stok barang membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatan laporan dan jumlah barang yang dikelola dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Melalui penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pihak PD. Hikmah untuk mengetahui stok barang, mempermudah dalam proses input data masuk dan keluar barang dan pembuatan laporan. Pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan Rational Unified Prosess (RUP) dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) untuk menjelaskan desain sistem. Aplikasi yang dihasilkan adalah aplikasi Inventory management berbasis web dengan fitur barang masuk,barang keluar serta stok barang menyediakan menu pengelolaan meliputi tambah data baru dengan cepat, melihat data barang, menghapus dan mengubah data data barang serta mencetak laporan yang telah dikelola oleh admin. Selain memiliki tujuan produksi tertentu, juga harus baik untuk pencipta dan orang lain. Secara khusus, keuntungan berikut diharapkan ini dapat membantu kinerja PD. Hikmah untuk pengembangan sistem teknologi informasi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Lebih banyak informasi ilmiah untuk penulis, pengguna, dan pembaca.

Kata Kunci

Aplikasi Inventory managegemet Rational Unified Process Language web Aplikasi Inventory managegemet Rational Unified Process Language web

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. . Mulyani, D. Kurniadi, Y. Yuliani, dan D. M. Arifin, “Implementasi Rational Unified Process dalam Perancangan Aplikasi Inventory Management Berbasis Web pada PD. Hikmah”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 407–417, Jan 2022.

References

  1. T. Sutabri, analisis sistem informasi. Yogyakarta: ANDI, 2012.
  2. R. Setiawan, A. Ikhawana, and E. Rahayu, “Pengembangan Aplikasi Pengelolaan Inventaris Barang Berbasis Web Di Sekolah Tinggi Teknologi Garut,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut, vol. 14, no. 2, pp. 452–462, 2017.
  3. W. Baswardono, “Analisa dan Perancangan Warehouse Inventory System Untuk UMKM Berbasis Multi Tenant,” Jl. Mayor Syamsu No. 1 Jayaraga Garut 44151 Indonesia, 2018.
  4. A. Budiman and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Persedian Barang Di Tb. Indah Jaya Berbasis Desktop,” 2016.
  5. A. Waworuntu, E. Lumba, P. Studi Informatika, F. Industri Kreatif, I. Teknologi dan Bisnis Kalbis Jl Pulomas Selatan Kav, and J. Timur, “Pengembangan Aplikasi Kasir Dan Pengelolaan Stok Berbasis Web Studi Kasus: Toko Xyz,” Semin. Nas. Sains dan Teknol., pp. 1–6, 2017.
  6. Sutedi and M. Agarina, “Implementasi Rational Unified Process Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Hasil Bumi Berbasis Web Pada Cv. Aneka Mandiri Lestari Bandar Lampung,” J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 8, no. 2, pp. 181–187, 2017.
  7. R. Setiawan, D. Kurniadi, H. Aulawi, and R. Kurniawati, “Asset management information system for higher education,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 2, p. 022083, Dec. 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1402/2/022083.
  8. R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2019.
  9. R. C. Yudowicitro, Hermawan, and R. Yunitarini, “Rancang Bangun ERP Pada Modul Inventory Management Menggunakan Zachman Framework,” J. SimanteC, pp. 125–133, 2014.
  10. J. Simarmata, Rekayasa Web. Andi, 2010.
  11. Anhar, Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Jakarta Selatan: Media Kita, 2010.
  12. Aditya and M. Rizky, “Program Penjualan Pakaian Berbasis WEB,” AMIK BSI Jakarta, 2017.
  13. R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner’s Approach. Americas, New York: Thomas Casson, 2001.