Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan cara pembelajaran yang baru dengan membuat media pembelajaran berbasis android dengan menerapkan augmented reality didalamnya. Manfaat penelitian ini adalah dapat meningkatkan gairah minat belajar anak karena didalam media pembelajaran ini tidak hanya membaca saja tetapi ada interaksi dimana anak diharuskan untuk meng scan marker yang telah ada sehingga akan muncul gambar 3D dari marker yang di scan, hal ini merupakan hal yang jarang dilakukan dan anak senang akan hal yang baru bagi dirinya sehingga akan membuat anak semangat dalam belajar menggunakan media pembelajaran berbasis android. Metodelogi yang digunakan dalam membangun aplikasi media pembelaaran ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Menggunakan metode ini sangat cocok untuk membangun sebuah aplikasi karena selain tahapannya yang jelas dan pasti, tahapan ini juga banyak disarankan oleh penelitian sebelumnya. Dari hasil penelitian ini adalah membuat media pembelajaran pengenalan organ tubuh manusia bagian dalam dengan menrapkan augmented reality dengan hasil objek 3D yang dibarengi dengan keterangan text dan suara sesuai dengan objek yang muncul.

Kata Kunci

Augmented Reality Android Media Pembelajaran Multimedia Development Life Cycle Objek 3D Organ dalam Manusia Augmented Reality Android Media Pembelajaran Multimedia Development Life Cycle Objek 3D Organ dalam Manusia

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
L. Fitriani, R. E. G. Rahayu, dan R. . Firmansyah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Pengenalan Organ Dalam Tubuh Manusia dengan Penerapan Metode Augmented Reality”, Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 2, hlm. 574–582, Mar 2022.

References

  1. P. Dafriani, Buku Ajar Anatomi & Fisiologi. padang: CV Berkah Prima, 2018.
  2. H. M. S.M, Cherryl Nanlohy; , virginia Tulenan; , Alwin Sambul; S, Harni Adinata; A, “Tubuh manusia tersusun dari berrbagai macam bagian-bagian organ tubuh yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Organ tubuh manusia merupakan kumpulan dari jaringan untuk melakukan fungsi tertentu didalam tubuh,” J. Tek. Inform., p. 55, 2020.
  3. R. , Prawido Utomo; , Silvia Krisnadewi;, “Aplikasi Media Pembelajaran dan Pengenalan,” J. Sistofek Glob., p. 91, 2016.
  4. A. Hendi, Caswita, and E. Y. Haenilah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 2, no. 1, p. 97, 2020, doi: 10.24252/asma.v2i1.13380.
  5. A. Indriani, Riana; Sugiarto, Bayu; Purwanto, “PEMBUATAN AUGMENTED REALITY TENTANG PENGENALAN,” 2016.
  6. R. E. G. , Adam Faroqi; , Ayu Latifah;, Rahayu;, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk TK/Paud Berbasis Android.,” algoritma, vol. 17, 2020.
  7. D. T. Defriansyah, Muhamad Firzan;, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Sistem Pernapasan Menggunakan Marker-Based Augmented Reality.,” algoritma, vol. 17, 2020.
  8. R. K. Ramdhan, Khemal Rizky ; Nurhasanah, Youllia Indrawaty; Utoro, “Aplikasi Media Pembelajaran Tulang Manusia Menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2017.
  9. P. R. , Tri Yuliono; , Sarwanto;, “KEEFEKTIFAN MEDIA PEMELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA,” J. Pendidik. Dasar, 2017.
  10. M. A. GANI, “AUGMENTED REALITY ANATOMI SISTEM PERNAPASAN MENGGUNAKAN LEAP MOTION CONTROLLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEDIS,” 2018.
  11. A. M. Tresnawati, D;., Fitriani, L;., & Fauzan, “Rancang Bangun Aplikasi Fasilitas Ibadah Keagamaan Berbasis Android.,” algoritma, vol. 17, 2020.
  12. Munir, Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan, vol. 58, no. 12. 2012.
  13. I. Sommerville, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). yogyakarta: Erlangga, 2003.
  14. R. Rachmawati, Aku Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Bogor: CV. Graphia Buana, 2013.