Isi Artikel Utama
Abstrak
Dinas Pendidikan Kab. Garut merupakan salah satu dari 17 dinas daerah dan 33 SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) yang mempunyai tugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan dalam bidang pendidikan. Dengan visi Penyelenggaraan layanan pendidikan yang baik, merata, partisipatif dan berkualitas untuk mewujudkan insan yang cerdas, kompetitif, mandiri dan berkearifan lokal berlandaskan pada ketakwaan kepada Tuhan YME dan salah satu misinya yaitu membina dan mengendalikan layanan pendidikan yang diselenggarakan secara transparan, responsif, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan. Salah satu bentuk perwujudan dari misi tersebut adalah pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ). SPJ yang selama ini dibuat memiliki banyak perbedaan antara satu bagian dengan bagian lainnya sehingga tidak ada keseragaman format SPJ. Selain itu, dalam pembuatan SPJ yang ada selama ini banyak melakukan proses input, padahal banyak data yang sama telah di-input di aplikasi RKA. Untuk itu, penelitian ini diarahkan pada pembuatan aplikasi yang bisa memanfaatkan sumber daya data dari aplikasi yang RKA telah ada. Penelitian ini akan menggunakan metode berorientasi objek dalam pengembangan sistemnya yaitu metodologi Ripple. Ripple adalah metodologi yang menggabungkan tahapan-tahapan dalam SDLC dengan notasi UML dari OOP sebagai diagram pemodelan sistem. Metode pengujian yang digunakan adalah metode pengujian Blackbox.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
[1]
A. Riswana, E. Satria, dan K. Aisyah, “PENGEMBANGAN APLIKASI LAPORAN SURAT PERTANGGUNGJAWABAN ANGGARAN PADA DINAS PENDIDIKAN KAB. GARUT MENGGUNAKAN METODOLOGI BERORIENTASI OBJEK RIPPLE”, Jurnal Algoritma, vol. 10, no. 2, hlm. 150–166, Mei 2014.