Isi Artikel Utama
Abstrak
Pariwisata merupakan Industri sektor ekonomi non migas yang sangat berperan dalam peningkatan ekonomi dan proses pembangunan sebuah negara, dimana hal ini sangat berkaitan dengan pendapatan atau devisa negara serta pendapatan penduduk di sekitar objek wisata. Seiring perkembangan di bidang teknologi dan informasi, maka telah hadir suatu teknologi yang disebut dengan Virtual Reality. Teknologi Virtual Reality dalam dunia fotografi sekarang dikenal sebagai Virtual Reality Photography. Penelitian ini mengikuti tahapan survei literatur untuk mendeskripsikan cara penyajian informasi dalam dari tiga sampel situs web penyedia layanan informasi bagi masyarakat. Hasil menunjukkan bahawa format informasi yang disajikan pada rancang bangun untuk situs web Virtual Reality Photography adalah untuk Lokasi akan ditampilkan Peta, kemudian untuk Profil akan disajikan dalam bentuk Teks dan Gambar VR 360o dan untuk Konten akan disajikan dalam bentuk Teks, Peta, Gambar dan VR dalam Menu Opsional.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- I. G. B. R. Utama, Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2012.
- Badan Pusat Statistik, “Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia Agustus 2018 Mencapai 1,51 juta Kunjungan,†2018. https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/10/01/1476/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-agustus-2018-mencapai-1-51-juta-kunjungan-.html (accessed Mar. 18, 2019).
- M. Zikky, F. Nur, C. Bagar, M. Firdaus, M. H. Assidiqi, and N. Hidayatulloh, “Pengembangan Wisata Virtual Reality di Kampus PENS menggunakan Google Cardboard dan Smartphone Android Pengembangan Wisata Virtual Reality di Kampus PENS menggunakan Google Cardboard dan Smartphone Android,†no. October 2017, 2016.
- A. N. Zulmi and U. Fadlilah, “Aplikasi Pengenalan Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta menggunakan Virtual Reality 360 Derajat,†J. Emit., vol. 17, no. 2, pp. 21–28, 2016.
- T. Greenfield, Research methods: guidance for postgraduates. London: Wiley, 1996.
- M. Nurul Hakim and R. Cahyana, “Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Memudahkan Pencarian Informasi Fasilitas Sosial dan Lokasinya,†J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 602–608, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.602.
- A. Saepulloh and R. Cahyana, “Pengembangan Aplikasi Untuk Penyediaan Informasi Perumahan Secara Online,†J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 380–385, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.380.
- E. Wildayanti, D. Tresnawati, and R. Setiawan, “Rancang Bangun Profil Wisata Dengan Sistem Informasi Geografis Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Garut,†J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 463–469, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.463.
- D. T. Octafian and H. Kusmiati, “Rekayasa Perangkat Lunak Virtual Tour Jakabaring Sport City (Jsc),†INFOTECH J., vol. 4, pp. 1–7, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/1096.
- H. W. Wulur, S. Sentinuwo, and B. Sugiarso, “Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara,†J. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2015, doi: 10.35793/jti.6.1.2015.9953.
- T. F. Prasetyo, M. Idrus, and M. S. S. Yuliani, “Sistem Pakar Pelayanan Dan Penyalahgunaan Narkoba,†Infotech J., vol. 4, no. 1, p. 236598, 2018.
- A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Massachusettes: Academic Press,Inc, 1994.
- I. Sommerville, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga, 2003.
- T. Purwanto and R. Wahyudi, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Berbasis Web Terintegrasi Barcode,†IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 7, no. 3, pp. 55–59, 2018.
- D. Tresnawati, E. Satria, and Y. Adinugraha, “Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., vol. 13, no. 1, pp. 99–105, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.99.
- Siaran Indonesia, “Menyambut Tren Wisata Kekinian, Peluang Besar Bagi Penyelenggara Wisata di Daerah,†siaranindonesia.com, 2019. .
- A. R. Putra, “Sistem Perancangan Pemetaan Lokasi Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Android Menggunakan Metode Haversine,†eprints UTY, no. 1, p. 2, 2016.
References
I. G. B. R. Utama, Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2012.
Badan Pusat Statistik, “Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia Agustus 2018 Mencapai 1,51 juta Kunjungan,†2018. https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/10/01/1476/jumlah-kunjungan-wisman-ke-indonesia-agustus-2018-mencapai-1-51-juta-kunjungan-.html (accessed Mar. 18, 2019).
M. Zikky, F. Nur, C. Bagar, M. Firdaus, M. H. Assidiqi, and N. Hidayatulloh, “Pengembangan Wisata Virtual Reality di Kampus PENS menggunakan Google Cardboard dan Smartphone Android Pengembangan Wisata Virtual Reality di Kampus PENS menggunakan Google Cardboard dan Smartphone Android,†no. October 2017, 2016.
A. N. Zulmi and U. Fadlilah, “Aplikasi Pengenalan Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta menggunakan Virtual Reality 360 Derajat,†J. Emit., vol. 17, no. 2, pp. 21–28, 2016.
T. Greenfield, Research methods: guidance for postgraduates. London: Wiley, 1996.
M. Nurul Hakim and R. Cahyana, “Pengembangan Sistem Informasi Geografis Untuk Memudahkan Pencarian Informasi Fasilitas Sosial dan Lokasinya,†J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 602–608, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.602.
A. Saepulloh and R. Cahyana, “Pengembangan Aplikasi Untuk Penyediaan Informasi Perumahan Secara Online,†J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 380–385, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.380.
E. Wildayanti, D. Tresnawati, and R. Setiawan, “Rancang Bangun Profil Wisata Dengan Sistem Informasi Geografis Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Garut,†J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 463–469, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.463.
D. T. Octafian and H. Kusmiati, “Rekayasa Perangkat Lunak Virtual Tour Jakabaring Sport City (Jsc),†INFOTECH J., vol. 4, pp. 1–7, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/1096.
H. W. Wulur, S. Sentinuwo, and B. Sugiarso, “Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara,†J. Tek. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2015, doi: 10.35793/jti.6.1.2015.9953.
T. F. Prasetyo, M. Idrus, and M. S. S. Yuliani, “Sistem Pakar Pelayanan Dan Penyalahgunaan Narkoba,†Infotech J., vol. 4, no. 1, p. 236598, 2018.
A. C. Luther, Authoring Interactive Multimedia. Massachusettes: Academic Press,Inc, 1994.
I. Sommerville, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: Erlangga, 2003.
T. Purwanto and R. Wahyudi, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Berbasis Web Terintegrasi Barcode,†IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 7, no. 3, pp. 55–59, 2018.
D. Tresnawati, E. Satria, and Y. Adinugraha, “Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia,†J. Algoritm., vol. 13, no. 1, pp. 99–105, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.13-1.99.
Siaran Indonesia, “Menyambut Tren Wisata Kekinian, Peluang Besar Bagi Penyelenggara Wisata di Daerah,†siaranindonesia.com, 2019. .
A. R. Putra, “Sistem Perancangan Pemetaan Lokasi Wisata Daerah Istimewa Yogyakarta Berbasis Android Menggunakan Metode Haversine,†eprints UTY, no. 1, p. 2, 2016.