Isi Artikel Utama

Abstrak

Pelayanan adalah salah satu bagian terpenting dari sebuah penjualan terhadap suatu produk, karena dapat mempengaruhi tingkat penjualan itu sendiri. Saat ini pelayanan dilakukan secara offline saja, dan itu tidak efektif jika terjadi antrian sehingga dapat memberikan kesan kurang baik terhadap pelanggan. Untuk itu perlu adanya pengoptimalan dari segi pelayanan terhadap pelanggan, agar membuat pelanggan menjadi puas terhadap pelayanan yang diberikan. Dengan adanya aplikasi pelayanan penjualan berbasis web diharapkan mampu mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggan agar kebutuhan pelanggan terpenuhi serta terlayani dengan optimal sehingga memberikan kesan yang baik terhadap pelanggan dengan pelayanan yang diberikan. Sedangkan untuk pengembangan aplikasi penulis menggunakan metodologi yang dinamakan Rational Unified Procces yang tahapannya yaitu inception, elaboration, dan contraction kemudian menggunakan pemodelan Unified Modelling Languange. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan aplikasi pelayanan data penjualan ditoko optik berbasis web mampu mengoptimalkan pelayanan penjualan guna memberikan kesan yang baik kepada pelanggan, serta untu menaikan penjualan lewat pelayanan yang baik.

Kata Kunci

Pelayanan Penjualan RUP WEB Pelayanan Penjualan RUP WEB

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. D. . Supriatna, D. D. S. Fatimah, dan I. Nurrohman, “Perancangan Aplikasi Pelayanan Data Penjualan Toko Optik Berbasis Web dengan Menggunakan Metodologi Rational Unified Process”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 23–30, Mei 2022.

References

  1. C. Y. Ariyanto, A. S. Budi, and S. N. Fauziah, “Aplikasi Penjualan Produk Kacamata Di Optik Nusa Group Berbasis Android,” vol. 1, no. 1, pp. 77”“88, 2017.
  2. E. S. Han and A. goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, “Analisis Promotion Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Kacamata Toko Optik Nasional Tanjung Hulu Pontianak Timur,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689”“1699, 2019.
  3. R. Yayat, “Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping,” J. Ilm. Magister Ilmu Adm., no. 2, pp. 56”“65, 2017.
  4. R. H. 1 Yusuf Abdul Rahman, “Pengaruh Persepsi Harga, Intensitas Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Optik Famili,” Management, vol. 10, no. 2, pp. 1”“12, 2021.
  5. Sandy and D. Anubhakti, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan,” Peranc. Sist. Inf. PENJUALAN PADA PT. CITRA BERSAUDARA Sandy1), vol. 1, no. 1, pp. 381”“386, 2018.
  6. N. N. Firmansyah and A. Mulyani, “Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Online Berbasis Web,” Algoritma, vol. 14, no. 2302”“7339, pp. 464”“473, 2017.
  7. N. S. Syahrul Mauluddin, “Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Barang Berbasis Desktop Di D-Net House,” Pros. Semin. Nas. Tek. Komput. dan Rekayasa, no. October, pp. III”“12, 2018.
  8. A. Ginanjar, W. Purnama Sari, H. Rahmawati, and E. Dwipriyoko, “Metodologi RUP Terhadap Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Android dan NodeJS,” J. TIARSIE, vol. 16, no. 4, p. 113, 2019, doi: 10.32816/tiarsie.v16i4.66.
  9. F. Mubarok, H. Harliana, and I. Hadijah, “Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 114, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.42.
  10. S. Susilowati, P. Studi, and M. Informatika, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMESANAN MAKAM BARU MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS ( Studi kasus pada Taman Pemakaman Umum Joglo Jakarta Barat ),” vol. 13, no. 1, pp. 92”“97, 2017.
  11. O. N. Website, P. T. Cinta, and K. Pribadina, “Implementasi Metode Rational Unified Process Pada Website PT. Cinta Kasih Pribadina,” vol. 07, no. 01, pp. 1”“12, 2017.
  12. K. Tentang, M. Pengembangan, and S. Informasi, “KAJIAN TENTANG METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI,” pp. 97”“122.