Isi Artikel Utama

Abstrak

Kerja praktik merupakan kegiatan yang mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat saat dibangku perkuliahan ke dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang  sistem informasi yang dapat mengelola kegiatan kerja praktik mahasiswa ITG. Penelitian ini menggunakan metodologi Rational Unified Approach (RUP) dengan tahapan yang digunakan yaitu tahapan inception, elaboration, dan construction dengan pemodelan sistem menggunakan Unified Modelling Language (UML) di mana pemodelan yang dipakai yaitu use case diagram, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram. Hasil dari penelitian ini adalah dibangunnya sistem informasi yang dapat mengelola kegiatan kerja praktik dan monitoring penyelesaian kerja praktik untuk mahasiswa dalam proses pendaftaran sampai pelaksanaan penyelesaian kerja praktik di industri, serta bagi mahasiswa dapat mencari informasi tempat dilaksanakan kegiatan kerja praktik sebelumnya sebagai bahan rujukan.

Kata Kunci

Kerja Praktik Rational Unified Process Sistem Informasi Web

Rincian Artikel

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Sekretaris Program Studi Teknik Informatika Institut Teknologi Garut
Cara Mengutip
[1]
R. Setiawan, Y. H. Agustin, dan I. H. R. Ningsih, “Perancangan Sistem Informasi Kerja Praktik Berbasis Web”, Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, hlm. 42-53, Mei 2022.

Referensi

[1] A. Mulia, A. Pamungkas, and A. Faktkhudin, “Sistem Informasi Manajemen Praktik Kerja Lapangan Dan Tugas Akhir,” Surya Inform., vol. 4, no. 1, 2017.
[2] L. Nazarova, P. Kubrushko, A. Alipichev, and S. Gryazneva, “Development trends in practical training of college students in the context of digital transformation of education,” E3S Web Conf., vol. 273, p. 12059, 2021, doi: 10.1051/e3sconf/202127312059.
[3] F. F. Patacsil and C. L. S. Tablatin, “Exploring the importance of soft and hard skills as perceived by it internship students and industry: A gap analysis,” J. Technol. Sci. Educ., vol. 7, no. 3, pp. 347–368, 2017, doi: 10.3926/jotse.271.
[4] N. K. Sumiari, N. Ketut, D. Ari, N. Luh, and E. Sukreni, “Sistem Informasi Kerja Praktek Mahasiswa STMIK STIKOM Bali Berbasis Web,” Konf. Nas. Sist. Inform. 2017, no. February, pp. 390–395, 2017.
[5] H. Z. Ozek, “Impact of Internship Programme in Engineering Education,” Eurasia Proc. Educ. Soc. Sci., vol. 9, pp. 276–283, 2018.
[6] A. Sopa et al., “Hard skills versus soft skills: Which are more important for indonesian employees innovation capability,” Int. J. Control Autom., vol. 13, no. 2, pp. 156–175, 2020.
[7] K. Karunaratne and N. Perera, “Students’ Perception on the Effectiveness of Industrial Internship Programme,” Educ. Q. Rev., vol. 2, no. 4, pp. 822–832, 2019, doi: 10.31014/aior.1993.02.04.109.
[8] F. Metandi, “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (Studi Kasus Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Samarinda),” JUST TI, vol. 11, pp. 43–46, 2019.
[9] N. Lisdiantini, P. Y. Utomo, and Y. Afandi, “Pengaruh Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun,” Epic. J., vol. 3, no. 2, pp. 1–8, 2019.
[10] T. Bolli, K. Caves, and M. E. Oswald-Egg, “Valuable experience: How Internships Affect University Graduates’ Income,” KOF Work. Pap., vol. 459, 2019, doi: https://doi.org/10.3929/ethz-b-000355960.
[11] R. Umar, A. Fadlil, and Y. Yuminah, “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.23917/khif.v4i1.5978.
[12] K. Lado et al., “Soft Skills And Its Application In Work Place,” World J. Adv. Res. Rev., vol. 03, no. 02, pp. 066–072, 2019, doi: https://doi.org/10.30574/wjarr.2019.3.2.0057.
[13] H. Hadiyanto and N. Nofer, “Assessing Students and Graduates Soft Skills, Hard Skills and Competitiveness,” PEOPLE Int. J. Soc. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 1885–1906, 2017, doi: 10.20319/pijss.2017.32.18851906.
[14] S. A. Shukor, “Industrial Training Programme : What Matters Most ?,” ASEAN Entrep. J., vol. 6, no. 2, pp. 22–29, 2020.
[15] E. B. Setiawan, “Pembangunan Sistem Informasi Pengelolaan Kerja Praktek di Perguruan Tinggi,” J. Ultim. InfoSys, vol. 7, no. 1, pp. 01–08, 2016, doi: 10.31937/si.v7i1.506.
[16] A. S. Nurjanah and D. Kurniadi, “Sistem Informasi Pengelolaan Izin Praktek Kerja Lapangan Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Secara Online di STT Garut,” J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 193–201, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.193.
[17] S. Maharani, P. P. Widagdo, and H. R. Hatta, “Rancang Bangun Sistem Informasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 2, p. 71, 2018, doi: 10.30872/jim.v13i2.1580.
[18] C. Péraire, M. Edwards, A. Fernandes, E. Mancin, and Kathy, The IBM Rational Unified Process Unified Process for System Z. 2007.
[19] M. A. Ramdhani, D. S. adillah Maylawati, A. S. Amin, and H. Aulawi, “Requirements elicitation in Software Engineering,” Int. J. Eng. Technol., vol. 7, no. 2.29 Special Issue 29, pp. 772–775, 2018, doi: 10.14419/ijet.v7i2.29.14254.
[20] E. Sulistiyani and S. H. Y. Tyas, “Identifikasi Karakteristik Teknik Elisitasi pada Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak: Sebuah Review Sistematis,” Inspirasi Prof. Sist. Inf., vol. 8, no. 03, pp. 141–158, 2019.
[21] G. Sharma, “Pros and cons of different sampling techniques,” Int. J. Appl. Res., vol. 3, no. 7, pp. 749–752, 2017.
[22] A. Martono, Sucipto, and R. Maulana, “Sistem Ujian Online Untuk Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran,” vol. 5, no. 2, pp. 153–164, 2019.