Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh apabila diterapkan knowledge management ke UMKM Garut terhadap kinerjanya dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM di Kab.Garut. Pada penelitian ini menggunakan metode mix methods sequential explanatory dan correlation product moment, yang mana metode ini digunakan untuk mendapatkan tingkat hubungan antara dua variable. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan metode knowledge management kinerja UMKM di kabupaten Garut dapat meningkat. Hasil pengujian dari menggunakan metode correlation product moment menunjukan bahwa adanya pengaruh dengan diterapkannya knowledge management untuk meningkatkan kinerja UMKM di Kabupaten Garut.

Kata Kunci

Knowledge Management Kinerja UMKM Mix Methods Sequential Explanatory Knowledge Management Kinerja UMKM Mix Methods Sequential Explanatory

Rincian Artikel

References

    [1] P. Usaha, M. Kecil, D. A. N. Menengah, and U. Di, “PENGARUH MODAL, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KAWASAN IMAM BONJOL DENPASAR BARAT,” pp. 576–585.
    [2] D. Kusumasari, “STUDI IMPLEMENTASI SISTEM BIG DATA UNTUK MENDUKUNG KEBIJAKAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA Study on Implementation of Big Data System for Supporting Communication and Informatics Policy,” pp. 81–96, 2017.
    [3] A. Saraswati and M. Ab, “Pengaruh Implementasi Knowledge Management Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Inovasi Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada UMKM Industri Kreatif Digital di Kota Semarang ) Pendahuluan,” 2009.
    [4] B. K. Sharing, “PENGARUH KNOWLEDGE SHARING PADA ORGANISASI,” pp. 6–12.
    [5] ikrahmawati, “PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN,” 2016.
    [6] H. Zaim, S. Muhammed, and M. Tarim, “Relationship between knowledge management processes and performance : critical role of knowledge utilization in organizations,” Knowl. Manag. Res. Pract., vol. 17, no. 1, pp. 24–38, 2019, doi: 10.1080/14778238.2018.1538669.
    [7] Fifi Surya Dewi Kusuma, “Analisa Pengaruh Knowledge Management Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Perusahaan,” 2005.
    [8] L. Wulantika, M. Si, and L. Wulantika, “Vol.10, No. 2,” vol. 10, no. 2, pp. 263–270.
    [9] D. P. Wijayanti, D. Sundiman, and U. D. Ali, “PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN ( STUDI EMPIRIS PADA PT . SMS KABUPATEN,” vol. 12, no. 1, 2017.
    [10] D. A. PRATAMA, “ANALISIS PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP KINERJA KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM,” 2019.
    [11] A. Aswan, “KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN ASPEK KEWIRAUSAHAAN KNOWLEDGE MANAGEMENT AND ENTREPRENEURSHIP ASPECTS OF PERFORMANCE THROUGH COMPETITIVE ADVANTAGE OF SMES,” no. i.
    [12] M. Pelamonia, “The Effect of Knowledge Management and Service-Based Innovation On The Business Success of Creative UMKM in Ambon City Pengaruh Knowledge Management dan Inovasi Berbasis Layanan Terhadap Keberhasilan Bisnis UMKM Kreatif di Kota Ambon,” vol. 1, no. 2, pp. 161–177, 2020.
    [13] W. Wachyu and A. Winarto, “PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM DENGAN KOMPETENSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI,” vol. 3, no. 2, pp. 141–157, 2020.