Isi Artikel Utama
Abstrak
PD. Restu Ibu yaitu sebuah perusahaan yang memproduksi jenis produk yang diperlukan oleh manusia. PD. Restu Ibu merupakan salah satu industri pengolahan sumpia. Salah satu produk yang mengalami penurunan jumlah penjualan selama 3 tahun ialah sumpia. Kegiatan promosi yang belum tepat di perusahaan menyebabkan kurangnya jumlah produk oleh pembeli/ kostumer. PD. Restu Ibu dalam melakukan pemasaran produk masih sangat sederhana yaitu dengan cara mulut ke mulut. Oleh sebab itu pihak perusahaan perlu mencari alternatif-alternatif pemasaran yang mampu meningkatkan penjualan. Metode yang digunakan ialah metode STP untuk mengatahui posisi perusahaan berada dimana dan ANP untuk menentukan peringkat pada TOPSIS juga digunakan dalam penelitian ini untuk mendapat alternatif strategi perusahaan terbaik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil perhitungan bobot antar kriteria dengan metode ANP menunjukan bahwa kriteria Promotion merupakan kriteria pemasaran yang memiliki bobot terbesar yaitu 15,15% , hal ini menunjukkan bahwa Promtion merupakan kriteria yang terpenting mengembangkan. Dapatkan strategi pemasaran dengan metode TOPSIS. karena dapat menilai alternatif terbaik dengan melihat jarak ideal dari titik negatif dan positif. Nilai preferensi terbesar hasil perhitungan metode TOPSIS dimiliki oleh alternatif iklan di media sosial dengan nilai preferensi sebesar 0,5008705. Oleh sebab itu, Pengambilan keputusan yang berfokus pada kriteria promosi melalui iklan alternatif di media sosial merupakan strategi bisnis yang tepat dan dapat meningkatkan angka penjualan di Pd Restu Ibu.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
-
[1] A. Afni, A. Felayati, N. Budiharti, and I. B. Suardika, “Analisis Strategi Bauran Pemasaran ( Marketing Mix ) Pada Usaha Home Industri 35 Screen Printing Di Era Pandemi Covid – 19,†J. Valtech (Jurnal Mhs. Tek. Ind., vol. 4, no. 2, pp. 104–109, 2021.
[2] F. Yolanda and J. Dwiridhotjahjono, “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Antena HDF Surabaya,†Value J. Manaj. dan Akunt., vol. 16, no. 1, pp. 231–239, 2021, doi: 10.32534/jv.v16i1.1841.
[3] M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,†J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.
[4] A. Jamira, “ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING STUDI KASUS KERIPIK KENTANG LEO Anaseputri Jamira 1,†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 17, no. 3, pp. 235–242, 2017.
[5] Sujianto, “Penerapanstrategi Stp (Segmenting, Targeting, Positioning),†J. Tek. Ind., pp. 39–46, 2011.
[6] H. Sumilu and S. Perdana, “Strategi Pemasaran Di PT Asuransi Astra Buana (Garda OTO) dengan Metode Analytical Network Process Dan Fuzzy Topsis,†IKRA-ITH Teknol. J. Sains \& …, vol. 5, no. 80, pp. 17–23, 2021.
[7] M. W. Sari, “Analisis Segmenting Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Regional Pada UMKM Christine Hakim Di Padang,†J. Ekobistek, vol. 7, no. 1, pp. 122–127, 2021, doi: 10.35134/ekobistek.v7i1.8.
[8] H. Aulawi, D. Rahmawati, and R. A. I. Putri, “Strategi Pencapaian Keunggulan Bersaing Minuman Kemasan Lemon Menggunakan Metode Business Model Canvas & SWOT,†J. Kalibr., vol. 19, no. 2, pp. 146–151, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-2.1095.
[9] H. Aulawi, R. A. Riansyah, and R. Kurniawati, “ANALYSIS of the SELECTION of SHOE RAW MATERIAL SUPPLIERS by FUZZY TOPSIS METHOD,†J. Eng. Sci. Technol., vol. 15, no. 6, pp. 3983–3990, 2020.
[10] M. Abdillah, I. Ilhamsyah, and R. Hidayati, “Penerapan Metode Analytic Network Process (Anp) Berbasis Android Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tempat Kos,†J. Coding, Rekayasa Sist. Komput. Untan, vol. 6, no. 3, pp. 12–22, 2018.
[11] W. Andriyas, H. Aulawi, and I. Mutaqim, “Evaluasi Dan Penentuan Jasa Kurir Logistik Menggunakan Metode Anp Dan Topsis (Studi Kasus Pd. Putra Setra),†Sains dan Teknol., vol. 14, no. 01, pp. 79–85, 2020.
[12] C. Natalia, I. P. Surbakti, and C. W. Oktavia, “Integrated ANP and TOPSIS Method for Supplier Performance Assessment,†J. Tek. Ind., vol. 21, no. 1, pp. 34–45, 2020, doi: 10.22219/jtiumm.vol21.no1.34-45.
[13] M. M. Larasati, B. Praptono, and U. Y. Nafizah, “Analisis Penerapan Sistem Pemasaran Terpadu Pada Usaha Kecil Menengah Telur Bebek Cakung Dengan Metode Analytical Network Process ( Anp ),†vol. 6, no. 2, pp. 6079–6087, 2019.
References
[2] F. Yolanda and J. Dwiridhotjahjono, “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Antena HDF Surabaya,†Value J. Manaj. dan Akunt., vol. 16, no. 1, pp. 231–239, 2021, doi: 10.32534/jv.v16i1.1841.
[3] M. Rusdi, “Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya,†J. Stud. Manaj. dan Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 83–88, 2019, doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6686.
[4] A. Jamira, “ANALISIS SEGMENTASI, TARGETING DAN POSITIONING STUDI KASUS KERIPIK KENTANG LEO Anaseputri Jamira 1,†J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol. 17, no. 3, pp. 235–242, 2017.
[5] Sujianto, “Penerapanstrategi Stp (Segmenting, Targeting, Positioning),†J. Tek. Ind., pp. 39–46, 2011.
[6] H. Sumilu and S. Perdana, “Strategi Pemasaran Di PT Asuransi Astra Buana (Garda OTO) dengan Metode Analytical Network Process Dan Fuzzy Topsis,†IKRA-ITH Teknol. J. Sains \& …, vol. 5, no. 80, pp. 17–23, 2021.
[7] M. W. Sari, “Analisis Segmenting Targeting Dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Regional Pada UMKM Christine Hakim Di Padang,†J. Ekobistek, vol. 7, no. 1, pp. 122–127, 2021, doi: 10.35134/ekobistek.v7i1.8.
[8] H. Aulawi, D. Rahmawati, and R. A. I. Putri, “Strategi Pencapaian Keunggulan Bersaing Minuman Kemasan Lemon Menggunakan Metode Business Model Canvas & SWOT,†J. Kalibr., vol. 19, no. 2, pp. 146–151, 2022, doi: 10.33364/kalibrasi/v.19-2.1095.
[9] H. Aulawi, R. A. Riansyah, and R. Kurniawati, “ANALYSIS of the SELECTION of SHOE RAW MATERIAL SUPPLIERS by FUZZY TOPSIS METHOD,†J. Eng. Sci. Technol., vol. 15, no. 6, pp. 3983–3990, 2020.
[10] M. Abdillah, I. Ilhamsyah, and R. Hidayati, “Penerapan Metode Analytic Network Process (Anp) Berbasis Android Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tempat Kos,†J. Coding, Rekayasa Sist. Komput. Untan, vol. 6, no. 3, pp. 12–22, 2018.
[11] W. Andriyas, H. Aulawi, and I. Mutaqim, “Evaluasi Dan Penentuan Jasa Kurir Logistik Menggunakan Metode Anp Dan Topsis (Studi Kasus Pd. Putra Setra),†Sains dan Teknol., vol. 14, no. 01, pp. 79–85, 2020.
[12] C. Natalia, I. P. Surbakti, and C. W. Oktavia, “Integrated ANP and TOPSIS Method for Supplier Performance Assessment,†J. Tek. Ind., vol. 21, no. 1, pp. 34–45, 2020, doi: 10.22219/jtiumm.vol21.no1.34-45.
[13] M. M. Larasati, B. Praptono, and U. Y. Nafizah, “Analisis Penerapan Sistem Pemasaran Terpadu Pada Usaha Kecil Menengah Telur Bebek Cakung Dengan Metode Analytical Network Process ( Anp ),†vol. 6, no. 2, pp. 6079–6087, 2019.