Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi rekomendasi strategi pemasaran jasa yang dapat meningkatkan minat konsumen terhadap jasa fotografi di Kabupaten Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan memilih hingga 5 responden yang memiliki pemahaman yang baik tentang The Hoobs Studio dan memiliki kewenangan dalam pengembangan strategi pemasaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lima kekuatan Porter dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pada tabel IFAS, faktor-faktor kelemahan lebih dominan daripada faktor-faktor kekuatan; 2) pada tabel EFAS, faktor-faktor peluang lebih signifikan dibandingkan dengan faktor-faktor ancaman, karena langkah-langkah strategi pemasaran yang diterapkan belum mencapai potensi maksimal, terutama dalam hal promosi melalui media sosial; dan 3) belum adanya kebijakan strategis yang mendukung pengembangan industri pariwisata, terutama dalam bidang fotografi.

Kata Kunci

Analisis SWOT, Industri Fotografi, Lima Kekuatan Porter

Rincian Artikel

Referensi

[1] Supardi, “Pendidikan Pesantren dalam Mengantisipasi Dampak Negatif Era Globalisasi di Pondok Pesantren Hidayattullah Batam,” Tadribuna J. Islam. Educ. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 37–55, 2020.
[2] F. Yeni, Gusnadi Erwin, and Hapzi Ali, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Pt.Federal Internasional Finance (Fif) Group Di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko,” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 1, no. 1, pp. 38–54, 2019, doi: 10.31933/jimt.v1i1.34.
[3] M. Danuri, “Development and Transformation of Digital Technology,” Infokam, vol. XV, no. II, pp. 116–123, 2019.
[4] I. H. Aunillah, Ediyanto, and S. Soeliha, “PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG BERDAMPAK PADA MINAT BELI ULANG SEBAGAI VARIABEL INTERVEING PADA UD LANCAR JAYA DI KABUPATEN SITUBONDO,” J. Mhs. Entrep., vol. 1, no. 5, pp. 962–974, 2022.
[5] M. Pujanarko, “Metode EDFAT Dalam Foto Jurnalistik,” J. Citra, vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.31479.
[6] Y. S. Azoya, “Analisis Pendapat Yusuf Al-Qardhawi Tentang Profesi Fotografer (Studi Pada Foto Studio Lou Bandar Lampung),” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2017.
[7] F. S. Siregar, “RANDING CAFE SERAYU KOPI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DIKOTA MEDAN,” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2021.
[8] K. Arya and J. Kusuma, “Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Industri Kreatif Seni Kriya Di Bali,” vol. I, no. 2, pp. 242–249, 2019.