Isi Artikel Utama

Abstrak

Hal yang sering kali bersinggungan pada saat melakukan kegiatan adalah diantaranya suhu, pencahayaan, kebisingan, dan lain-lain, misalkan suhu yang terlalu dingin, pencahayaan yang kurang baik, atau kondisi lingkungan sekitar yang mengganggu. Untuk membuktikan apakah gangguan tersebut berpengaruh atau tidaknya terhadap ketepatan pemilihan jawaban maka dilakukanlah penelitian mengenai pengaruh suhu atau temperatur, pencahayaan dan kebisingan terhadap ketepatan jawaban dengan menggunakan metode ANOVA atau Analysis of Variance dan model 3f factorial. Dalam penelitian ini, pengolahan data yang dilakukan diawali dengan menyusun data sesuai dengan kelompoknya dengan jumlah replikasi sebanyak 3, lalu berikutnya adalah melakukan perhitung dengan data yang ada.  Setelah dilakukan pembuatan tabel ANOVA, didapatkan hasilnya adalah pencahayaan tidak terlalu berpengaruh dalam penelitian yang dilakukan karena terdapat beberapa hal dalam penelitian yang ternyata tidak begitu terpengaruh oleh kondisi pencahayaan.

Kata Kunci

ANOVA 3f Factorial Temperature Lighting Noise

Rincian Artikel

Referensi

Agresti, A., & Finlay, B. (2009). Statistical Methods for the Social Sciences (4th ed.). Prentice Hall.
Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (4th ed.). Sage Publications.
Howell, D. C. (2013). Statistical Methods for Psychology (8th ed.). Cengage Learning.
Rosenthal, R., & Rosnow, R. L. (2008). Essentials of Behavioral Research: Methods and Data Analysis (3rd ed.). McGraw-Hill.
Buchari. (2007). Kebisingan Industri & Hearing Concervation Program. USU Resipator
Budiwanto, S. (2017). Statistika Untuk Mengolah Data. UNIVERSITAS NEGERI MALANG.
Douglas C. Montgomery, (2013) Design and Analysis of Experiments, 8th Ed., John Wiley & Sons Inc., New Jersey.
Sabam Malau : Perancangan Percobaan. (n.d.). Retrieved April 24, 2022, from http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/2051/Sabam Malau_Buku Perancangan Percobaan.pdf?sequence=1&isAllowed=y
View of Studi Ergonomi Kognitif Untuk Mengetahui Penurunan Produktivitas Kerja Akibat Kenaikan Tingkat Kebisingan.pdf. (n.d.). Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.