Isi Artikel Utama

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan dalam berkomunikasi antar negara. Penggunaan bahasa inggris pada saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk perkembangan baik teknologi maupun dunia pendidikan. Maka dari pada itu bahasa inggris harus diperkenalkan kepada masyarakat terutama pada kalangan anak-anak sehingga anak akan terbiasa dengan bahasa yang menjadi bahasa utama didunia ini. Game Edukasi adalah game digital yang dirancang untuk pengayaan pendidikan (mendukung pengajaran dan pembelajaran) Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Game simulasi dengan tujuan edukasi ini dapat digunakan sebagai salah satu media edukasi yang memiliki pola pembelajaran learning by doing [12]. Proses pengembangan menggunakan metode pengembangan sistem menggunakan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari tahapan concept, design, material collecting, assembly dan testing [19]. Tahap concept dilakukan untuk menentukan tujuan pembuatan aplikasi, identifikasi pengguna, bentuk aplikasi dan spesifikasi umum aplikasi. Design dilakukan untuk menentukan tujuan pembelajaran umum dan khusus, serta rancangan menuflow, struktur navigasi dan storyboard. Material collecting dilakukan untuk mendapatkan bahan-bahan yang akan digunakan di game edukasi ini. Tahap assembly penelitian ini mengadopsi kerangka kerja pembuatan game pada unity dari creigthon. Testing  alpha dilakukan berdasarkan use case yang dibuat, testing beta dilakukan langsung kepada end user sebagai evaluasi dari game. Distribution dilakukan untuk mendistribusikan aplikasi game. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game yang diharapkan dapat membantu anak-anak untuk menambah pembendaharaan kata dalam bahasa inggris, lebih terampil dalam penulisan kata dalam bahasa inggris (writing), lebih terlatih dalam mendengarkan (listening) serta pengucapan atau cara baca (reading) dan lebih memudahkan anak untuk mempelajari bahasa inggris dengan fun.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. F. A. Efwan, , Bunyamin, dan , Wahyudin, “PENGEMBANGAN GAME EDUKASI 3 DIMENSI BAHASA INGGRIS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK”, Jurnal Algoritma, vol. 11, no. 2, hlm. 230–236, Jun 2015.