Isi Artikel Utama

Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang harus dikuasai oleh siswa. Namun model pembelajaran konvensional TIK yang masih menggunakan metode ceramah mulai dirasa menjenuhkan. Disisi lain, perkembangan teknologi menciptakan ketertarikan siswa terhadap komputer. Dari sinilah muncul ide penelitian untuk menyelaraskan ketertarikan siswa terhadap komputer dengan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia dengan materi pembelajaran TIK yang harus dikuasai dengan harapan dapat membantu guru dalam memudahkan penyampaian materi ajar di sekolah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metodologi penelitian pembuatan aplikasi media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis multimedia ini menggunakan metodologi pengembangan multimedia Luther 1994 (Sutopo, 2003: 28) yaitu concept (pengonsepan), design (perancangan), material collection (pengumpulan bahan),  assembly (pembuatan),  testing (pengujian) dan distribution (distribusi).Berdasarkan kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran TIK dapat digunakan oleh pengajar pada sarana pembelajaran berbasis multimedia. Berdasarkan hasil pengujian Alpha dengan proses pengujian tingkat keberhasilan aplikasi oleh pembuat dan pengujian Beta dengan menggunakan penyebaran kuesioner kepada pengajar sebanyak 10 guru multimedia berada pada kategori sangat baik dan layak untuk digunakan dengan presentase penilaian sebesar 79% layak, dan 21% tidak layak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. Hermawan, E. Retnadi, dan , Wahyudin, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERBASIS MULTIMEDIA DI MADARASAH TSANAWIYAH DARUL MUTAALIMIN”, Jurnal Algoritma, vol. 11, no. 2, hlm. 291–301, Des 2015.