Isi Artikel Utama

Abstrak

Proses penyusunan jadwal mata pelajaran masih dikerjakan secara manual. Sering kali suatu jadwal disusun dan dicoba penerapanya dan apabila terdapat kesalahan diperbaiki dan dicoba lagi sampai akhirnya dapat dijalankan hal ini kurang efektif dan efisien. Kendala utama dalam penyusunan jadwal adalah tidak semua tenaga pengajar adalah guru tetap yang selama satu hari jam kerja berada disekolah sehingga penyusunan jadwal mengacu pada ketersediaan waktu tenaga pengajar.Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplkasi sistem pendukung keputusan penjadwalan mata pelajaran. Dalam perancangan sistem ini menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) sebagai metode pengembangan sistem dan metode Technique For Other Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) sebagai metode pembobotan yang digunakan. Sistem ini mengakomodasi berbagai kriteria untuk menentukan prioritas. Nilai dari setiap kriteria yang dirumuskan mempertimbangkan beberapa faktor yang relevan seperti usia guru, status, tingkat pendidikan, jenis mata pelajaran, dan jabatan  untuk menghasilkan jadwal di SMK Ciledug Almussadadiyah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. Budiman, E. Retnadi, dan A. Ikhwana, “RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENJADWALAN MATA PELAJARAN DI SMK CILEDUG AL-MUSSADADIYAH”, Jurnal Algoritma, vol. 11, no. 2, hlm. 313–322, Apr 2016.